Sukses

5 Cara Sederhana yang Bisa Bikin Kamu Cepat Kaya dan Banyak Uang

Lima cara sederhana dan mudah ini mampu mengatur keuanganmu menjadi lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta Semua orang pasti ingin kaya dan punya banyak uang dalam tabungan mereka. Tentu hal itu bisa diraih jika kamu pintar dalam mengatur keuangan.

Sayangnya berbagai macam kebutuhan, keperluan, serta gaya hidup mewah dan boros merupkan faktor terbesar yang membuat uang kita mudah sekali habis. Yang ada setiap masih jauh dari hari gajian kita malah terus keteteran dengan ongkos sehari-hari.

Selain pintar mengatur keuangan, kamu juga perlu komitmen untuk jangka waktu panjang. karena usaha tak pernah mengkhianati hasil akhir, perjuanganmu untuk menabung dan mengatur keuangan akan membuatmu kaya di kemudian hari.

Jika kamu tertarik untuk meraih hal itu, maka kamu perlu cermati sejumlah tips berikut. Dilansir berbagai sumber, berikut merupakan lima cara sederhana dan mudah untuk mengatur keuanganmu serta dapat membuatmu cepat kaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jangan mudah terlena

Melihat produk-produk bagus di mall ataupun online shop merupakan salah satu dari sebuah godaan yang membuat orang mudah tergiur dan tanpa berpikir panjang langsung membelinya.

Jika perilaku seperti ini tidak bisa dihentikan, bagaimana bisa keinginan menjadi kaya bisa cepat terlaksana. Sebaiknya jangan mudah terlena dengan barang bagus apalagi jika adanya diskon atau promo.

Hal tersebut akan membuat jumlah uang yang Anda miliki semakin menipis. Mulailah tahan dengan godaan demi memiliki kondisi finansial yang baik di kemudian hari.

3 dari 6 halaman

2. Buka peluang baru

Uang bukan petik dari pohon, bukan juga jatuh dari langit, artinya uang tidak mungkin datang secara tiba-tiba. Maka sebagai manusia tentu harus menjemput rezeki tersebut dengan melakukan sebuah usaha dan kerja keras.

Bagi Anda yang ingin cepat kaya, mulailah bekerja atau membuka peluang usaha kecil-kecilan agar cepat mendapatkan keuntungan sehingga uang bisa cepat terkumpul. Hindari rasa malas atau buang jauh-jauh karena bisa saja akan menghambat rezeki. Lakukan dengan giat dan tetap fokus pada pekerjaan dan usaha yang sedang dijalani.

4 dari 6 halaman

3. Jangan mudah berutang

Demi memenuhi keinginan yang tinggi, tidak sedikit orang yang berani berutang atau ada juga orang yang saking inginya menjadi kaya, dirinya rela berutang dengan jumlah yang besar dan uangnya digunakan untuk membeli rumah, mobil, tanah dan sebagainya.

Padahal dengan cara yang seperti itu tidak akan membuat menjadi kaya karena tetap saja Anda harus membayar tagihan dengan jumlah yang besar. Hal ini bisa saja akan memperburuk kondisi finansial jika adanya kendala pada tagihan atau tidak bisa melunasi hutang tersebut.

Sebaiknya ubah sikap buruk tersebut dengan berhenti berutang yang tentunya bisa merugikan diri sendiri.

5 dari 6 halaman

4. Sumber pendapatan lain

Hanya mengandalkan satu pendapatan saja untuk menjadi kaya rasanya tidak akan cukup. Mengingat semakin hari kebutuhan yang harus dipenuhi semakin bertambah dengan harga yang semakin tinggi, belum lagi harus menabung.

Dengan begitu, Anda tidak akan pernah kaya, kalaupun berhasil akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Nah, memiliki sumber pendapatan lain merupakan salah satu cara yang tepat agar penghasilan bertambah sehingga akan lebih mudah mengatur keuangannya.

Misalnya saja penghasilan pertama digunakan untuk memenuhi kebutuhan, sedangkan yang kedua difokuskan untuk menabung dan investasi.

6 dari 6 halaman

5. Tetapkan tujuan

Menetapkan sebuah tujuan merupakan solusi yang tepat agar menjadi lebih semangat dan apa yang diinginkan cepat tercapai. Misalnya, dua tahun yang akan datang ingin membeli rumah atau menunaikan ibadah haji.

Maka Anda akan lebih giat mencari dan mengumpulkan pundi-pundi uang sehingga target bisa tercapai dengan tepat.

Reporter

Idris Rusadi Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihaan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.