Sukses

Tega, Pengunjung Lempar Batu ke Kanguru hingga Tewas

Ulah tak bertanggung jawab ini mengakibatkan seekor kanguru betina tewas dengan secara mengenaskan.

Liputan6.com, Jakarta Bentuk kekerasan terhadap hewan selalu menyulut rasa geram dan sedih banyak orang. Meski kejadian memilukan ini terjadi sebulan lalu, ulah pengunjung di Kebun Bintang Fuzhou, Provinsi Fujian, Tiongkok, menimbulkan rasa marah warganet dunia.

Pasalnya untuk mendapatkan reaksi dari hewan kanguru, pengunjung di Tiongkok tega melemparnya dengan batu bata. Menurut laporan, para pengunjung tak bertanggung jawab itu sengaja melakukannya untuk melihat gerakan kanguru itu melompat.

Pengunjung melakukannya sebagai aksi provokasi agar mereka dapat membangunkan para kanguru yang tengah tertidur.

"Orang dewasa ini melihat seekor kanguru tidur dan pergi mengambil batu untuk memukulnya," ujar Zhang, salah seorang penjaga kebun bintanag, melansir Shanghaiist, Minggu (22/4/2018)

Akibatnya seekor kanguru betina berusia 12 tahun tewas disebabkan luka di kakinya. Sebelumnya, kanguru malang itu berhasil mendapat perawatan oleh dokter hewan. Kondisinya bisa dikatakan buruk karena kakinya hancur dan terputus.

Di sisi lain, kanguru itu juga meninggal akibat ginjal pecah setelah bagian perutnya terhantam objek tumpul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengunjung yang Tak Tertib Membahayakan Nyawa Hewan di Kebun Binatang

Selain itu, ada pula kanguru jantan yang juga mengalami luka di kakinya karena mendapat perlakuan yang sama oleh pengunjung.

Untuk saat ini, petugas kebun binatang sudah membersihkan semua batu dari area habitat kanguru. Agar kejadian itu tak terulang kembali, pihak kebun binatang akan memasang kamera keamanan sebagai bentuk pencegahan.

Mereka juga akan menaruh hewan mainan untuk dipajang agar para pengunjung tidak bisa membahayakan kehidupan para hewan.

Meski begitu, kejadian menyedihkan semacam ini bukan pertama kali terjadi pada kanguru saja. Hewan lain seperti beruang hitam, monyet, serta ular juga sering mengalami masalah kesehatan.

Walaupun sudah mengalami beberapa masalah seperti ini, sampai saat ini pihak kebun binatang tidak mengajukan hukuman ataupun tuduhan kepada pengunjung yang bersangkutan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.