Sukses

Tak Disangka, 5 Tempat Wisata Dunia Ini Punya Ruangan Rahasia

Ruangan rahasia tersebut dibuat dengan tujuan tertentu dan tidak boleh diakses untuk publik.

Liputan6.com, Jakarta - Berkelana ke tempat wisata yang baru dan unik akan memberikan pengalaman yang luas biasa dalam hidup kita. Karena diarasa penting, semua negara yang ada di muka bumi berlomba-lomba memperkenalkan destinasi wisata andalan mereka.

Banyak tempat wisata alami maupun buatan yang berhasil menarik wisatawan mancanegara. Namun ternyata, ada beberapa tempat wisata yang terkenal ternyata memiliki lokasi rahasia yang tidak diketahui publik. 

Berikut lima lokasi wisata populer yang memiliki ruangan rahasia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Gedung Putih, Amerika

Gedung putih atau white house adalah istana negara presiden Amerika Serikat. Meskipun gedung putih merupakan lokasi kepresidenan, pihak gedung putih membuka tur mengelilingi gedung putih ini untuk memberi pengetahuan bagi pengunjung.

Mendapatkan julukan sebagai negara super power, membuat pemerintahan Amerika benar-benar membuat fasilitas yang luar biasa bagi presiden maupun anggotanya. Salah satunya dibuatkan terowongan rahasia di bawah gedung putih tersebut.

Terowongan rahasia di bawah Gedung Putih itu berfungsi sebagai bungker pertahanan. Terowongan ini pertama kali dibangun di bawah pemerintahan Presiden Truman di tahun 1950an. Kemudian pada tahun 1987, pemerintah membangun terowongan lain di bawah pemerintahan Presiden Reagan untuk menyelamatkan pejabat dalam kasus serangan teroris.

3 dari 6 halaman

2. Grand Central Terminal

Grand central terminal atau juga disebut grand central station adalah stasiun terminal di 42nd Street dan Park Avenue di Midtown Manhattan, New York City, Amerika Serikat. Grand Central Terminal merupakan stasiun kereta api terbesar di dunia menurut jumlah peron keretanya. 

Grand Central Terminal dibuka pada tanggal 2 Februari 1913. Seperti dilansir dari The Telegraph, ada stasiun kereta api yang tidak digunakan berada di bawah hotel Waldorf Astoria, yang dikenal dengan Track 61. Menurut rumor, stasiun ini sebenarnya masih dimanfaatkan.

Stasiun rahasia ini digunakan oleh kepala negara dan para orang-orang yang memiliki jabatan yang tinggi.

 

4 dari 6 halaman

3. Gunung Rushmore

Gunung rushmore menjadi salah satu lokasi wisata yang populer yang memiliki ruangan rahasia. Terletak di Dakota Selatan, di permukaan granit Gunung Rushmore terdapat ukiran empat kepala presiden Amerika Serikat, yaitu George Washington, Thomas Jefferson, Theodore Roosevelt, dan Abraham Lincoln.

Ternyata di balik ukiran kepala tersebut memiliki ruangan rahasia, tepatnya di belakang ukiran kepala Abraham Lincoln. Tempat ini sengaja dibuat untuk generasi selanjutnya. Di dalam ruangan tersebut berisi sejarah Amerika hingga dokumen-dokumen penting lainnya yang siap dipelajari.

5 dari 6 halaman

4. Menara London

Menara London adalah kastil bersejarah yang terletak di pusat kota London, Inggris di tepi utara Sungai Thames. Kastil ini terletak di dalam kawasan London Borough of Tower Hamlets dan terpisah dari ujung timur kota London oleh ruang terbuka yang dikenal sebagai Bukit Menara. Kastil ini didirikan pada tahun 1066 sebagai bagian dari Penaklukan Normandia di Inggris.

Di dalam kastil ini ternyata terdapat bar rahasia. Di dalam Menara London terdapat lubang rahasia yang menuju bar eksklusif. Hanya para penjaga yang bisa masuk ke dalam bar rahasia tersebut. Dalam bar rahasia itu, para penjaga akan menikmati minuman koktail eksklusif . 

6 dari 6 halaman

5. Big Ben

Big Ben adalah nama sebuah menara jam yang terletak di Istana Westminster, London, Britania Raya. Secara resmi menara ini diberi nama Elizabeth Tower, bertepatan dengan pesta 60 tahun Ratu Elizabeth II memimpin Britania Raya dan Wilayah Persemakmuran. Big Ben selesai dibangun pada tahun 1858.

Menjadi salah satu destinasi favorit jika berkunjung ke Inggris, ternyata di dalam big ben terdapat penjara. Di dalam big ben, tepatnya di lantai tiga. Penjara tersebut digunakan untuk para anggota parlemen yang melakukan pelanggaran kode etik.

Sekarang ruangan ini ditutup sejak terakhir kali digunakan pada tahun 1880-an.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.