Sukses

Sulit Bedakan Rempah-Rempah seperti Jahe, Lengkuas, Kunyit, dan Kencur? Begini Caranya

Liputan6.com, Jakarta Berlimpahnya sumber daya alam Indonesia seperti rempah-rempah, membuat Tanah Air kita terkenal dan kaya akan cita rasa. Semua itu berkat tanah yang subur memunculkan berbagai rempah-rempah yang berhasil bikin iri negara tetangga.

Namun, tak sedikit jenis makanan enak dari luar negeri, juga dipasarkan di Indonesia. Kalau soal makanan junk food, seperti pizza, burger, atau sosis, pastinya anak milenial sudah sangat paham soal rasa dan jenis bumbu yang disajikan.

Tapi coba deh tanya mereka, bisa nggak bedain rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, kunir dan kencur. Pasti deh, kelabakan! Keempat bumbu rempah yang banyak sekali digunakan dalam resep masakan sehari-hari ini memang sekilas serupa namun sebenarnya tak sama.

Dirangkum brilio.net, berikut tips membedakan jahe, lengkuas, kunyit dan kencur. Biar kalau sudah berumah tangga, sudah jago meramu rempah-rempah agar masakan terasa spesial dan gak salah kasih bumbu.

1 dari 5 halaman

1. Jahe

Jahe mempunyai bentuk seperti ruas jari manusia, punya wangi yang khas seperti yang ada pada wedang ronde, wedang jahe ataupun permen jahe.

Jahe juga mempunyai rasa yang sedikit pedas dan memberikan efek hangat apabila dimakan. Bagian dalam jahe mempunyai serat yang lumayan lembut dan berwarna kekuningan.

2 dari 5 halaman

2. Lengkuas

Lengkuas atau laos memiliki tekstur kulit yang lebih kasar dan memiliki aroma yang tidak terlalu kuat. Dagingnya cenderung lebih keras dan lebih berserat.

Selain sebagai bumbu masakan, menurut orang dulu lengkuas juga mempunyai khasiat untuk mengobati penyakit kulit.

3 dari 5 halaman

3. Kunyit

Kunyit atau kunir banyak digunakan sebagai jamu dan dipadukan dengan buah asem, maka jadilah kunir asem. Kunir berwarna kuning oranye dan mempunyai tekstur yang lembur dan mudah jika diiris atau diparut.

Warna kuning pada kunyit ini sering dipakai untuk pewarna makanan. Kunyit ini juga memiliki khasiat sebagai obat penyakit saluran pencernaan.

4 dari 5 halaman

4. Kencur

Kencur memiliki kulit yang khas dibanding ketiga 'kembarannya'. Kencur punya aroma yang tidak terlalu kuat tapi bisa untuk menyegarkan aroma makanan dan punya daging buah yang sedikit mirip dengan kunyit, namun lebih lembut. Kencur sering digunakan kalau kamu mau memasak sayur bening, lotek dan lain-lain.

Memang sedikit sulit membedakan keempatnya. Makanya jangan keasyikan nongkrong di cafe atau jalan ke mal melulu ya guys. Ada baiknya kamu bisa bantuin Ibu kamu masak di dapur biar bisa lancar membedakannya.

 

Reporte

Angga Roni Priambodo

 

Sumber: Brilio.net

 

Saksikan Juga Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Rayakan Hari Perempuan Internasional dengan 10 Film Menarik Ini
Artikel Selanjutnya
Kembali Diangkat, Si Doel The Movie Jawab Wanita Pilihan Si Doel