Sukses

Jangan Diabaikan, 7 Tanda di Bibir Ini Menandakan Kesehatan Anda Bermasalah

Liputan6.com, Jakarta Bagian-bagian tubuh kita sering kali memberikan pertanda apabila kesehatan bermasalah, salah satunya pada bibir. Siapa sangka, bagian luar tubuh seperti bibir juga dapat memproyeksikan apa yang sedang terjadi dalam tubuh Anda.

Untuk lebih jelasnya, berikut 7 tanda di bibir yang menunjukkan kesehatan Anda bermasalah seperti dilansir dari Shared.

1. Luka yang terasa dingin atau melepuh

Ini dapat menjadi gejala virus herpeks simpleks. Virus ini dapat berkontak langsung dengan air liur atau kulit seseorang yang memiliki virus, atau secara tak langsung karena minum dari cangkir yang sama.

Setelah Anda terkena virus ini, virus ini tidak akan pernah hilang, terlebih gejalanya kadang tak terlihat. Karena itu, bila Anda memiliki luka di bibir lebih dari 2 minggu, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.

2. Bibir terbakar

Sensasi terbakar di bibir dapat terjadi akibat kerusakan saraf. Sensasi ini juga bisa diakibatkan dari berbagai jenis luka bakar di bibir atau bahkan bibir pecah-pecah.

Cobalah untuk tidak menyentuh mereka. Anda juga bisa mengoleskan salep untuk meringankan sensasi terbakar tersebut.

 

1 dari 4 halaman

3. Pecah-pecah

Bibir pecah-pecah dapat terjadi karena udara yang kering, terutama di musim dingin. Tapi jika Anda terlalu sering memiliki bibir pecah-pecah dan yakin itu bukan karena udara yang kering, itu bisa saja karena alergi. Bisa berasal dari makanan atau bahkan makeup. Kunjungi dokter jika Anda yakin itu alergi.

4. Bersisik

Hal ini bisa terjadi karena udara yang kering atau terlalu sering menjilat bibir. Yang seharusnya Anda tahu, di bibir terdapat sedikit minyak daripada bagian kulit Anda yang lain, sehingga menjilati bibir akan membuatnya kering dengan mudah.

Cobalah untuk berhenti menjilati bibir atau gunakan lip balm. Tapi berhati-hatilah, karena beberapa merek justru membuatnya kering dalam jarngka waktu yang lama.

 

2 dari 4 halaman

5. Pucat

Bibir pucat biasanya merupakan pertanda anemia. Hal ini terjadi karena anemia memengaruhi jumlah oksigen yang dibawa dalam darah.

6. Retak-retak

Ada beberapa alasan mengapa bibir Anda terlihat retak-retak. Jika hanya terjadi sesekali, mungkin hanya efek cuaca dingin atau kering. Tapi jika sering atau sepanjang waktu, terutama di sudut mulut, itu bisa menjadi efek diabetes.

Hal ini bisa terjadi karena diabetes mendorong pertumbuhan candida, seperti ragi infeksi yang biasanya menyerang dermis tipis di sudut mulut, sehingga menyebabkan retak.

 

3 dari 4 halaman

7. Bengkak

Bibir bengkak biasanya indikator alergi yang umum, terutama berhubungan dengan alergi terhadap makeup atau makanan dan minuman. Tapi bibir bengkak juga bisa disebabkan oleh penyakit Crohn.

Penyakit ini tak hanya menyebabkan pembengkakan di usus tapi juga bisa menyebabkan saluran getah bening di setiap titik di tubuh, salah satunya di bibir. Jika bibir Anda sering bengkak, temui dokter.

Artikel Selanjutnya
Atasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah dengan Gula Merah dan Stroberi