Sukses

Suka Jogging? Perhatikan 5 Hal Ini Setelah Melakukannya

Liputan6.com, Jakarta Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan untuk semua orang. Banyak manfaat dari berolahraga seperti menjaga daya tahan tubuh, menyegarkan pikiran, dan masih banyak lagi.

Namun untuk kamu yang sulit punya waktu luang, jogging adalah pilihan olahraga terbaik. Khususnya bagi mahasiswa atau para pekerja kantoran yang tak punya waktu untuk berolahraga. Namun ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan setelah jogging, apa saja? Simak artikel di bawah ini.

1. Jangan Langsung Makan

Ini hal yang biasa terjadi setelah kamu berlari, lapar. Kalori dan lemak yang seharusnya terbakar dalam tubuh, akan tertumpuk lagi jika kamu makan setelah lari. Apa lagi jika kamu makan sesuatu yang bersoda atau berminyak. Maka larimu akan sia-sia. Namun jika terpaksa, kamu hanya boleh memakan roti setelah jogging.

1 dari 3 halaman

2. Minum Air Putih

Saat berlari banyak keringat yang keluar dari dalam tubuh. Sebaiknya setelah lari kamu minum air putih atau minuman isotonic. Jauhi minuman dingin dengan kadar gula yang tinggi.

3. Istirahatlah Sejenak

Setelah berlari, jangan langsung melakukan kegiatan. Sebaiknya meditasi dirimu dengan istirahat sebentar sambil medengarkan musik, atau duduk sekitar 15 menit dengan kaki terjulur lurus ke depan. Itu dapat membantu meregangkan otot-otot yang kaku setelah berlari.

2 dari 3 halaman

4. Sempatkan Tidur

Jika kamu lari di hari libur, tenangkanlah tubuh dan fikiranmu. Setelah lari sebaiknya jangan melakukan pekerjaan berat atau mengerjakan tugas kantor. Sempatkanlah sekitar 30 menit untuk tidur. Setelah bangun tidur, kamu bisa merasakan bagaimana rileks dan segarnya dirimu.

5. Mandi

Setelah istirahat, biasanya dari kamu akan malas untuk mandi atau mengganti baju. Jangan dibiasakan, karena keringat yang menempal dibajumu akan menjadi sarang kuman. Sebaiknya setelah kamu beristirahat, segeralah membersihkan diri dengan mandi.

 

Penulis:

Fany Zahra

Universitas Bhayangkara Bekasi

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Makan Pizza di Jakarta Serasa di New York, Tertarik?
Artikel Selanjutnya
Tips Saat Kamu Ingin Menyaksikan Gerhana Bulan Total