Sukses

Geopark Ciletuh Segera Ditetapkan Menjadi Taman Dunia

Liputan6.com, Jakarta Taman Nasional Geopark-Ciletuh Pelabuhan Ratu dinyatakan memenuhi kriteria sebagai Taman Bumi Dunia (Global Geoparks). Taman ini rencananya akan disahkan jika disetujui pada sidang Executive Board Global Geoparks Network (GGN) pada 4 hingga 17 April 2018 mendatang. 

Menurut informasi dari situs web Jabarpemprov.go.id, kabar soal penetapan tersebut diterima langsung oleh Kepala Divisi Pengelolaan Lingkungan Biofarma, R Herri, melalui surat resmi dari Global Geoparks Network. Surat tersebut diterima pada 3 Januari 2018 dan ditandatangani langsung oleh Guy Martin selaku Sekjen GGN yang berkantor pusat di Paris.

Sebelumnya, tim asesor UNESCO berkunjung ke kawasan Taman Nasional Geopark-Ciletuh Pelabuhan Ratu, pada Agustus tahun 2017 lalu untuk melihat kelayakan taman nasional ini sebagai taman bumi dunia.

1 dari 3 halaman

Kriteria Menjadi Taman Bumi Dunia

Taman nasional yang berlokasi di Kabupaten Sukabumi ini lulus tahap uji kriteria yang ditetapkan oleh UNESCO, yaitu memiliki keragaman fenomena geologi, kekayaan biologi, serta memiliki keragaman budaya asli Geopark Ciletuh.

Geopark Ciletuh memiliki luas sekitar 126 ribu hektare yang membentang luas dari Pantai Ujung Genteng hingga Cisolok yang berbatasan langsung dengan Provinsi Banten. Beberapa tempat wisata unggulan Geopark Ciletuh-Pelabuhan Ratu di antaranya kawasan Konservasi Penyu Pantai Pangumbahan, Puncak Darma, Curug Sodong, dan Panenjoan yang memiliki pemandangan luar biasa.

2 dari 3 halaman

Pembangunan Bandara Baru

Rencananya, di kawasan Geopark Ciletuh akan dibangun bandara berstandar internasional untuk menunjang jumlah wisatawan, yang kemungkinan melonjak naik setelah ditetapkan menjadi Taman Bumi Dunia. Meskipun lokasi bandara masih dalam tahap pembebasan lahan, Pemerintah Daerah Sukabumi optimistis bandara bisa beroperasi pada tahun 2020.

 

Penulis:

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Sambal Tempoyak, Kelezatan Durian Dipadu Pedasnya Cabai
Artikel Selanjutnya
6 Alasan yang Membuat Aeon Mall Garden City Berbeda