Sukses

Selain Bikin Rusak, Ini Bahaya Lainnya Bawa Gawai ke Kamar Mandi

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi memang membuat kita dituntut tetap produktif dalam kondisi apa pun dan di mana pun, bahkan di kamar mandi. Pasti di antara kamu, ada yang suka membawa gawai ke toilet, kan? Entah itu untuk menyalakan lagu ketika mandi ataupun browsing ketika buang air.

Ternyata, membawa gawai ke kamar mandi itu tidak aman. Bahkan, hal ini juga sudah dibuktikkan oleh beberapa riset juga. Berikut bahaya ketika kamu membawa gawai ke kamar mandi.

 

1. Bakteri

Kamu pasti tau jika kamar mandi adalah tempat bersemayamnya para bakteri dan kuman, kan? Menurut WedMD, bakteri Salmonella, E Coli, Shigella, dan Campylobacter adalah beberapa bakteri yang dapat bersemayam di gawai kamu, terlebih jika kamu membawa gawai ke toilet. Dengan bakteri-bakteri ini, kamu berisiko terserang virus Gastro dan Staph.

Gawai juga menjadi benda yang digemari bakteri karena sering mengeluarkan panas. Inilah yang menjadi pemicu para bakteri untuk berkembang biak di smartphone kamu dan membahayakan kesehatan kamu. Apalagi orang-orang zaman sekarang juga suka makan sambil bermain gawai, kan?

Sebuah penelitian dari London School of Hygiene and Tropical Medicine pada 2011 juga menyebutkan satu dari enam gawai mengandung materi feses yang kotor. Jason Tetro, seorang ilmuwan dan penulis The Germ Files juga mengatakan jika mikroba apa pun yang dapat tersentuh, bisa berkembang biak di gawai kamu.

2 dari 3 halaman

2. Tersengat Listrik

Selain masalah bakteri yang dapat menyerang tubuh kamu secara perlahan, ada ancaman yang bisa langsung menyerang kamu. Seperti kejadian-kejadian sebelumnya, gawai yang kamu bawa ke kamar mandi juga bisa menjadi alat terbaik untuk melukai atau membunuh kamu di kamar mandi.

Contohnya kejadian di Texas, di mana seorang gadis harus kehilangan nyawanya karena tersengat listrik saat menggunakan gawai yang sedang dicas di kamar mandi. Karena banyaknya kejadian semacam ini, Komisi Keselamatan Produk Konsumen menyarankan pemasangan sirkuit pemutus di kamar mandi dan juga dapur. Alat ini dapat mendeteksi perubahan arus listrik dan digunakan untuk melindungi orang dari serangan listrik.

3 dari 3 halaman

3. Ponsel Rusak

Bukan hanya berbahaya untuk tubuh kamu, membawa gawai ke kamar mandi juga berbahaya untuk smartphone kamu. Apalagi di kamar mandi terdapat banyak air yang mengalir dan tergenang. Kamu tahu kan jika musuh terbesar barang elektronik adalah air, apalagi kalau gawai kamu tidak antiair. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading