Sukses

Terungkap, Hotel Mungkin Saja Memata-matai Tamunya Sendiri

Seorang pakar keamanan di Amerika Serikat mengatakan bahwa bukan hal yang tidak mungkin jika hotel memata-matai tamunya.

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini, kamu mungkin berpikir bahwa menginap di hotel akan aman dan terhindar dari hal privasi. Namun, tanpa sadar ternyata hotel juga bisa mematai-matai pengunjungnya.

Pernah mendengar cerita tentang kamera tersembunyi dan mikrofon yang ditemukan di kamar hotel? Meskipun sangat jarang untuk menemukan hotel yang memata-matai tamunya, seorang pakar keamanan mengatakan bahwa hal itu mungkin saja dapat terjadi.

"Dengan asumsi seseorang memiliki akses ke ruangan atau kamar sebelum dan sesudah pengunjung atau tamu menggunakannya. Aku pikir ini cukup mudah karena ada banyak perangkat yang tersedia untuk umum yang dapat dimasukkan ke dalamnya dan setelahnya, perangkat tersebut dapat diambil kembali. Ini bukan barang yang memiliki kecepatan tinggi dan tidak susah untuk didapatkan," ujar Christopher Falkenberg, presiden dari firma konsultasi keamanan, Insite Risk Management dan mantan agen khusus Secret Service AS, dikutip dari TIME.

Namun, kamu bisa tenang. Sebab, risiko untuk memata-matai seorang pengunjung, tentu sangat besar bagi reputasi mereka. Selain itu, bukankah selama ini para tokoh masyarakat, seperti selebritas dan politikus tidak pernah mendapati masalah? 

Walaupun begitu, biasanya kamera yang ditemukan di dalam kamera hotel merupakan milik orang tidak bertanggung jawab yang bekerja di hotel. Jika kamu merasa ada sesuatu yang aneh dan menemukan kamera di dalam kamar hotel, kamu bisa meminta untuk menukar kamar, memberi tahu manajemen hotel, serta menghubungi polisi. Christopher menyatakan, jangan lupa untuk mengecek kamar hotel sebelum ditempati, dan cobalah untuk mengenali beberapa hal seperti perangkat perekam.

Penulis:

Meidiana Triani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.