Sukses

Panda Maskot Asian Games Pertama Mati di Usia 37 Tahun

Basi merupakan model asli maskot Asian Games pertama yang diadakan di Tiongkok pada 1990.

Liputan6.com, Jakarta - Panda tertua di dunia baru saja mati pada usia 37 tahun di Tiongkok selatan. Padahal, panda bernama Basi tersebut merupakan salah satu selebritas lokal di sana.

Bila disandingkan dengan usia manusia, Basi telah berusia sekitar 100 tahun lebih. Panda itu hidup lebih lama dibanding dari kebanyakan temannya.

Di alam bebas, usia panda rata-rata sekitar 20 tahun. Namun panda yang ada di penangkaran umumnya hidup lebih lama. Basi juga merupakan seorang bintang yang tiap ulang tahunnya dirayakan dengan penuh semangat.

Dilansir dari South China Morning Post, kematian panda itu sampai-sampai dilaporkan oleh televisi pemerintah dan diadakan sebuah peringatan untuk menghormatinya. Basi telah tinggal di fasilitas tersebut sejak diselamatkan dari alam liar setelah jatuh ke sungai waktu berusia empat tahun. Basi juga merupakan model asli maskot Asian Games pertama yang diadakan di Tiongkok pada 1990.

(Sul/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.