Sukses

Tamasya Anak, dari Kampung Cinangneng Hingga Wahana Pinisi

Berbicara soal dunia anak memang selalu menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta Berbicara soal dunia anak memang selalu menyenangkan. Dunia yang penuh dengan fantasi, imajinasi, dan kreativitas telah mewarnai keceriaan anak-anak, baik di Indonesia maupun seluruh dunia. Tepat di hari anak sedunia ini, Sheila Baladraf akan mengajak anda untuk kembali mengingat masa kecil anda dengan permainan tradisional sekaligus memperkenalkan permainan modern dengan mengunjungi beberapa tempat bermain anak.

Destinasi permainan anak pertama yang dikunjungi Sheila adalah Kampung Wisata Cinangneng. Berlokasi di Jalan Babakan Kemang, Cihideung Udik, Kec. Ciampea, Bogor, kampung wisata ini mulai dibuka tahun 2012. Mengusung konsep bermain di alam terbuka, kampung wisata ini memiliki berbagai wahana tradisional yang sangat kental dengan budaya Jawa Barat. Memasuki kawasan kampung wisata, pengunjung akan disambut dengan alunan musik tradisional berbahan dasar bambu, yaitu angklung.

Tamasya Anak, dari Kampung Cinangneng Hingga Wahana Pinisi

Mengunjungi tempat ini, anak-anak akan diajak untuk melihat industri rumahan dan kehidupan warga sekitar. Suasana pedesaan terasa amat kental. Oleh pengelola yang adalah warga sekitar, anak-anak diajarkan cara bercocok tanam dan memandikan kerbau. Pokoknya, di tempat ini, anak-anak diajarkan untuk tidak takut kotor.

Tak hanya aktivitas warga, anak-anak pun dikenalkan dengan kesenian khas Jawa Barat, yaitu Tari Jaipong. Sungguh menyenangkan rasanya melihat anak-anak melenggak-lenggokkan tubuh mereka ketika belajar menari Jaipong. Selain itu, saat beristirahat, anak-anak diajarkan cara membuat kue bugis dan wedang jahe yang nantinya akan mereka nikmati sendiri. Melalui beragam aktivitas tersebut, diharapkan anak-anak dapat mengenal berbagai macam hal yang dialami orang tua mereka tempo dulu.

Tamasya Anak, dari Kampung Cinangneng Hingga Wahana Pinisi

Setelah menikmati aktivitas di alam terbuka, Sheila berkunjung ke salah satu tempat permainan modern, yaitu Robotics Education Center. Berlokasi di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, tempat yang adalah sekolah robot ini sudah memiliki murid yang cukup banyak. Anak-anak yang tertarik dengan dunia robot, mainan bongkar pasang, layak untuk datang ke tempat yang sudah ada sejak tahun 2005 ini.

Berdasarkan umur, Pengelola Robotics membagi anak-anak ke dalam beberapa kelas, yaitu basic level (4-8 tahun), elementary level (9-18 tahun), dan advance level (12-18 tahun). Kelas-kelas tersebut diurutkan berdasarkan tingkat kesulitan, mulai dari hanya belajar mozaik hingga programming.

Di tempat ini, anak-anak diajak untuk tidak hanya bisa bermain robot, melainkan menciptakannya dengan tangan mereka sendiri. Imajinasi dan kreativitas menjadi hal penting yang harus diasah anak-anak dalam permainan modern ini. Dengan belajar membuat robot, kemampuan sensorik dan motorik anak-anak secara otomatis dapat terasah.

Tamasya Anak, dari Kampung Cinangneng Hingga Wahana Pinisi

Destinasi terakhir yang dikunjungi oleh Sheila adalah Pinisi Edutainment Park. Taman bermain yang terletak di kawasan Pasaraya, Blok M, Jakarta Selatan ini dibuat menyerupai pelabuhan khas Makassar tempo dulu. Hal ini dimaksudkan guna memperkenalkan kepada anak-anak bahwa kapal Indonesia tempo dulu pernah mendapat penghargaan karena berhasil berlabuh di Amerika Serikat.

Wahana permainan yang dibuka sejak tahun 2012 ini menawarkan berbagai macam permainan anak, mulai dari becak kecil, drama Malin Kundang, dan masih banyak lagi. Anda ingin tahu dengan keseruan Sheila Baladraf bermain bersama anak-anak? Anda dapat menyaksikannya dalam Fokus Akhir Pekan, setiap Minggu pukul 15.00 WIB, hanya di Indosiar.

Penulis:

Dedy Z

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.