Sukses

Jantung Pisang, Ternyata Punya 6 Manfaat Dahsyat

Liputan6.com, Jakarta - Kamu pasti setuju bahwa pohon pisang merupakan tumbuhan yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Semua bagian dari pohon ini, bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Salah satu bagian dari pohon pisang yang dapat dikonsumsi adalah bunga pohon pisang atau lebih dikenal dengan sebutan jantung pisang.

Bahkan, jantung pisang ini ternyata cukup lezat ketika disajikan dalam bentuk masakan. Hal ini tidak luput dari apa yang dikandung oleh jantung atau bunga pisang tersebut. Sebagaimana pisang, jantung pisang juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh manusia. Di antaranya Karbohidrat, Protein, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, Yodium, Serat.

Nah sahabat karena banyaknya kandungan baik yang dimiliki oleh jantung pisang ini, sehingga banyak pula manfaat untuk kesehatan yang dapat kamu peroleh. Apa saja? Ini dia.

1. Mencegah Infeksi

Jantung pisang memiliki kemampuan untuk mengobati infeksi. Hal tersebut karena Jantung Pisang mengandung etanol yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri, sehingga dapat dengan cepat menyembuhkan luka. Ekstrak jantung pisang juga dapat membantu untuk mencegah pertumbuhan parasit malaria.

2. Mengatasi Penyakit Anemia

Kandungan zat besi dalam jantung pisang sangat bagus untuk membantu produksi sel darah merah. Hal ini memungkinkan bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit anemia untuk dapat mengatasinya dengan baik.

3. Mengurangi Dampak Radikal Bebas

Radikal bebas menjadi salah satu penyebab berbagai masalah kesehatan yang dapat menjangkiti kamu. Jantung pisang yang mengandung antioksidan, dapat menjadi salah satu alternatif untuk membantu mencegah berbagai macam masalah kesehatan serta penuaan dini.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Loading