Sukses

Demi Selamatkan Panda, Ilmuwan Menyamar Jadi Ibunya

Para ilmuwan yang berusaha menyelamatkan panda berpakaian seperti panda saat melepas mereka ke alam liar. Tujuannya?

Liputan6.com, Jakarta - Panda-panda yang dibesarkan di Wolong National Nature Reserve suatu saat nanti akan dilepaskan ke alam liar. Llau, bagaimana para ilmuwan dan pekerja satwa liar memastikan panda-panda tidak bergantung pada manusia? Dengan berpakaian seperti panda!

Dilansir dari CCTV News, Jumat (19/06/2016), hutan seluas 200.000 hektar di barat daya Provinsi Sichuan, Tiongkok, telah dianggap sebagai rumah bagi panda raksasa langka. Saat ini menurut WWF, hanya tinggal 1.864 ekor panda raksasa yang masih hidup di alam liar. Itu pun berdasarkan data pada 2014.

- 

Para pencinta hewan, fotografer, dan ilmuwan yang turun ke hutan untuk melepas panda-panda tersebut mengenakan pakaian hitam-putih, masker, sampai menyerupai seekor panda. Tak hanya itu, ilmuwan juga melacak panda yang dilepas ke alam liar dengan menggunakan sinyal radio.

Mereka juga melatih para panda untuk menemukan makanan, air, dan tempat berteduh dengan cara beradaptasi di alam liar secara natural. Saat para panda bisa menyelesaikan latihan yang dibuat oleh ilmuwan, baru mereka dipindahkan ke lingkungan yang lebih "berat".

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini