Sukses

Lahir Tanpa Kulit, Bayi Ini Kagetkan Orangtuanya

Liputan6.com, Jakarta - Seorang bayi perempuan lahir dengan salah satu penyakit paling langka di dunia yang membuatnya lahir tanpa kulit tubuh eksternal. Kondisi yang dikenal sebagai Harlequin Ichthyosis ini digolongkan sebagai penyakit genetik berat yang mendistorsi kulit penderita.

Seseorang yang mengidap penyakit ini sekujur tubuhnya ditutupi oleh lapisan putih tebal dengan celah memerah. Satu-satunya cara untuk mengobatinya adalah dengan pengobatan konstan.

Bayi perempuan itu lahir dari rahim seorang wanita berusia 23 tahun di Kota Amravati, India. Menurut dokter rumah sakit tempat bayi itu lahir, anak itu lahir hampir tanpa kulit sama sekali.

Dokter spesialis anak, Dr Yash Banait mengatakan, anak itu lahir dengan kelainan bawaan yang membuatnya membutuhkan pengobatan seumur hidup untuk melembabkan tubuhnya.

mirror

"Tidak ada kulit pada tubuh sehingga pencangkokan kulit tidak mungkin dilakukan. Sejauh ini kondisinya stabil, tapi kami masih akan mengamati perkembangannya," ujar Banait seperti dilansir dari The Indian Express, Selasa (14/6/2016).

Bayi perempuan itu lahir dengan dua lubang kecil untuk hidung, kelopak mata terbaik, dan tak ada telinga. Harlequin Ichthyosis terjadi dalam perbandingan 1:300.000 kelahiran. Sementara orang tua si bayi bukanlah orang berada, mereka mengaku tak mampu membayar biaya pengobatan sehingga pengobatan si bayi dibantu oleh pemerintah.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Loading