Sukses

3 Fakta Menarik Mobil Tangki Pertamina Ini Wajib Kamu Ketahui

Mobil tangki Pertamina ternyata punya fakta menarik yang masih belum diketahui publik.

Citizen6, Jakarta Kamu pasti tahu mobil tangki Pertamina yang selalu hilir-mudik di jalan raya. Mobil tangki berwarna khas merah dan putih milik Pertamina berperan menyalurkan distribusi produk Bahan Bakar Minyak (BBM), seperti bensin, solar, dan pertamax di seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Kesan 'wah'  melihat mobil tangki Pertamina memang membuat siapa pun kagum dan bertanya-tanya. Kamu mungkin berpikir, mobil tangki Pertamina membawa satu jenis BBM saja. Tenyata hal tersebut salah kaprah.

Dalam acara Campus Citizen Journalist Edu Trip sebanyak 15 belas mahasiswa dan 5 blogger yang diundang berkunjung ke Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang, Jakarta Utara pada Kamis (19/5/2016) lalu memeroleh pengetahuan baru.

Berkeliling singkat ke stasiun penimbunan dan pengisian mobil tangki  Pertamina di tengah terik matahari menyengat tak membuat seluruh peserta patah semangat.

  • Isi Jenis BBM Bervariasi

Sebagian besar orang mengira, mobil tangki Pertamina mengangkut satu jenis BBM saja. Faktanya, isi mobil tangki Pertamina dapat diisi berbagai macam jenis BBM. Mobil tangki dirancang sesuai untuk seluruh jenis produk BBM.

CJ Edu Trip Pertamina (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Misal, setelah diisi bensin, mobil tangki dapat diisi solar. Tidak ada spesifikasi khusus mobil tangki Pertamina mana saja yang berhak mengisi bensin maupun solar.

Selain bisa bervariasi jenis BBM yang diisi, satu mobil tangki ternyata mengangkut lebih dari satu jenis. Dalam satu mobil tangki bisa saja memuat solar, bensin, dan pertamax.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

  • Dipisahkan dengan Sekat

Memuat lebih dari satu jenis BBM, di dalam mobil tangki Pertamina terdapat sekat atau pemisah. Antara jenis BBM yang satu dengan yang lain tidak akan tercampur.

Adanya sekat juga berfungsi BBM yang di dalam tidak bocor terkena goncangan dari luar. Jalan yang dilalui mobil tangki berupa polisi tidur, tanjakan, turunan maupun jalan rusak menyebabkan  BBM terguncang. Guncangan tersebut diatasi dengan sekat.

CJ Edu Trip Pertamina (Liputan6.com/Helmi Afandi)

  • Pengisian Jenis BBM Sesuai Permintaan

Mobil tangki Pertamina yang sering kamu lihat ternyata isi jenis BBM yang diangkut tidak penuh sampai batas maksimal. Artinya, jenis BBM yang berada di dalam mobil tangki tidak penuh satu tangki.

Jenis BBM yang diisi ke mobil tangki sesuai permintaan SPBU. Kebutuhan BBM tiap SPBU berbeda-beda. Pengisian BBM ke mobil tangki juga sesuai permintaan yang masuk.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini