Sukses

Mitos-mitos Mistis di Sekitar Borobudur

Ternyata candi terbesar Borobudur mempunyai mitos-mitos mistis. Apa saja?

Citizen6, Jakarta Borobudur merupakan sebuah candi peninggalan kerajaan Budha yang menjadi salah satu keajaiban dunia. Nah tahukah Anda jika ada beberapa mitos yang belum Anda ketahui? Yuk simak apa saja mitosnya:

1. Singa Urung

Singa Urung, yaitu sebutan bagi masyarakat sekitar untuk sepasang arca singa yang ada pada sebelah kanan dan kiri tangga naik candi. Menurut cerita, sepasang kekasih yang melewati antara kedua arca tersebut hubungannya tidak akan sampai pada pernikahan. Urung di dalam bahasa Jawa dapat diartikan gagal.

2. Arca Kunto Bimo 

Arca Budha yang terdapat di dalam stupa teras Arupadhatu, pada teras melingkar di tingkat I sisi Timur. Arca yang ada di dalam stupa lubang belah ketupat tersebut tersohor dengan nama Kunto Bimo. Siapa saja yang dapat menyentuh jari manis bagi pengunjung laki-laki dan tumit untuk pengunjung perempuan, maka semua keinginannya dapat terkabul.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.