Sukses

Di sini, Ide-Ide Kreatifmu Bisa Terwujud

“Ide itu gratis, tinggala metik dari udara, “ kata @zenrs seorang penulis dan pemerhati sepak bola.

Citizen6, Jakarta “Ide itu gratis, tinggal metik dari udara, “ kata @zenrs seorang penulis dan pemerhati sepak bola. Namun untuk mewujudkan ide-ide kreatif menjadi nyata tetap tidak gratis, perlu biaya yang kadang tidak sedikit. Banyak orang yang punya ide keren namun tak bisa mewujud "hanya" karena terkendala masalah biaya.

Namun itu dulu, kini ada sebuah platform untuk mewadahi antara pemilik ide dan orang-orang yang bisa mensupportnya sampai ide tersebut menjadi kenyataan. Namanyaa wujudkan.com

Adalah empat orang, Mandy Marahimin (@somemandy), Dondi Hananto (@dondihananto), Wicak Soegijoko (@wcxsgj) dan Zaki Sani yang berinisiatif untuk  membantu mewujudkan ide-ide kreatif orang-orang dengan sistem crowd funding.

“Kami adalah sekelompok orang yang ingin melihat industri kreatif Indonesia berkembang pesat, karena kami percaya Indonesia tidak kekurangan daya cipta, tapi yang kurang adalah sistem dukungan untuk para kreator kita berkarya,” kata wujudkan di websitenya yang ber-url di wujudkan.com

Wujudkan.com berawal dari obrolan makan siang pada 2011 lalu. Kira-kira setahun kemudian, tepatnya tanggal 21 Februari 2012, Wujudkan.com launch secara publik.

Sementara ini, kategori ”proyek” yang bisa di-crowndfunding”-kan adalan tema-tema  tentang film, music, penelitian, arsitektur, penerbitan dan percetakan,seni pertunjukan, desain, kuliner, event, dan lainnya. Memang semua topik belum bisa diakomodir.

Menurut Alderina Gracia, marketing wujudkan.com, “Wujudkan.com dari awal memang fokus pada industri kreatif. Lalu kami mengambil kategori yang tersebut ikut kementrian parekraf (yang dulu), “ jelasnya via direct message di Twitter, Rabu, 22 Juli 2015, pukul 14:23 WIB

Ada banyak cerita sukses di wujudkan.com. Beberapa ide yang terwujud melalui wujudkan.com diantaranya: Tujuh, sebuah film yang mengangkat tentang mitos daerah Lubuklinggau. "SEKO" film animasi pendek yang bercerita tentang kampung halaman yang damai.  Lalu ada “Panganmu, Panganku” Jejaring Pangan Lokal sebuah acara tentang kuliner.
 
Ada juga #INKUBUKU: Pinjam Buku Berkualitas Gratis, UPCYCLING PROJECT untuk anak putus sekolah, "angkot day" dan lainnya. Bagaimana cara untuk memperoleh crowdfunding, semua dijelaskan dengandetail di websitenya, wujudkan.id.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin Dapat Ponsel Acer Liquid Z500 ikuti #LebaranNarsis di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.