Sukses

Lihai Meracik Minuman dan Juggling Bersama Enhaii Bartender Club

Di komunitas ini, Anda bisa mempelajari bagaimana cara meracik beverages dengan memberikan hiburan berupa flair bartender, tandem show, dll

Citizen6, Jakarta Tangannya lincah menangkap botol yang dilempar ke udara. Sesekali, dua botol diputar ke udara dan ditangkap dengan gerakan tubuh memutar. Demikianlah satu pemandangan yang tampak di Car Free Day Dago, Bandung.

Di depan pria yang masih asyik beraksi dengan botol tersebut, berjejer botol-botol lain dan cocktail shacker. Beberapa anak muda tampak mengamati di pinggir sambil mengomentari penampilannya. Namanya Tubagus Rizqi, anggota sekaligus ketua Enhaii Bartender Club (NBC) Bandung.

Meski digawangi anak-anak muda, Enhaii Bartender Club (NBC) Bandung memiliki sejarah yang cukup panjang. Menurut Rizqi, komunitas ini telah berdiri sejak tahun 1993 dan makin berkembang pada tahun 1998.

"Pada saat itu, kami belum mempunyai nama khusus untuk komunitas. Barulah pada tahun 2000-an, nama Enhaii Bartender Club (NBC) dipakai," ujar Rizqi.

NBC sendiri beranggotakan mahasiswa jurusan Manajemen Tata Hidang, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (SPTB). Meski komunitas ini dikhususkan untuk mahasiswa SPTB, yang bukan mahasiswa SPTB pun diperbolehkan menimba ilmu bersama komunitas ini.

Komunitas NBC didirikan dengan tujuan untuk mengembangkan skill serta menambah pengetahuan tentang mixing drink anggotanya. Di NBC, mereka tak hanya belajar men-juggling botol, namun juga mempelajari mixology.

Mixology atau mixologist merupakan istilah keren yang berarti ilmu campur-mencampur bahan. Terkait dengan dunia bartending, mixologist berarti mengawinkan beberapa jenis minuman beralkohol (liqueue, wine, sprit) dan non-alkohol (soda, jus, sirup).

Untuk lebih mengembangkan skill anggota, NBC mempunyai hari wajib untuk latihan, yakni tiap hari Sabtu dan Minggu. Walau umurnya tergolong muda, komunitas ini telah menjuarai beberapa kejuaraan yang prestisius seperti: juara 2 di kompetisi bartender di Universitas Pelita Harapan dan juara pertama Bandung Pair Competition.

Ke depannya, Rizqi berharap agar komunitas NBC lebih berkembang. Sehingga bartender-bartender Jawa Barat bisa lebih dikenal di Indonesia.

Jika ingin mengetahui kegiatan NBC, Anda bisa mengunjungi akun jejaring sosial Facebook NBC Enhaii Bartender Club dan Twitter @NBCenhaii.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.