Sukses

Film-film Inspiratif Tentang Orang Tua Tunggal

Citizen6, Jakarta Ada pepatah yang mengatakan, dibutuhkan sebuah desa untuk membesarkan seorang anak. Ini dapat berarti, membesarkan seorang anak adalah sesuatu yang kompleks. Orang tua mesti menjadi guru, polisi, petani, koki, dan lain-lain bagi anaknya sendiri. Beruntung jika Anda masih berkeluarga dengan lengkap sehingga dapat berbagi tugas dengan pasangan dalam membesarkan anak.

Namun bagaimana dengan mereka yang terpaksa hidup sebagai single parent? Orang tua tunggal? Ada tantangan tersendiri dalam membesarkan anak sebagai orang tua tunggal. Hal tersebut yang terkadang diangkat menjadi film. Berikut beberapa film tentang orang tua tunggal yang mungkin dapat menginspirasi Anda.

2 dari 7 halaman

Panic Room

Panic Room (2002)

Meg Altman (Jodie Foster) adalah seorang ibu tunggal yang baru saja bercerai. Bersama anaknya, Sarah (Kristen Stewart), mereka tinggal di sebuah rumah yang dulu dihuni jutawan paranoid. Jutawan tersebut memasang pintu baja, kerangkeng, dinding beton, bahkan kamera di mana-mana. Ikatan ibu dan anak ini pun dipertaruhkan saat mereka mesti menghadapi kengerian di rumah tersebut.

3 dari 7 halaman

Karate Kid

Karate Kid (2000)

Meski diberi judul karate, sebenarnya film ini menceritakan kung fu. Hidup Dre Parker (Jaden Smith) berubah total saat ibunya memilih pindah ke Beijing dari tempat tinggalnya semula di Detroit. Dre awalnya kesulitan beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggalnya yang baru. Sampai-sampai ia mesti berhadapan dengan gerombolan anak nakal yang jago kung fu. Dre akhirnya diselamatkan oleh Han (Jackie Chan) dan belajar kung fu dengannya.

4 dari 7 halaman

My Neighbour Totoro

My Neighbour Totoro (1988)

Tidak semua kasus perceraian berakhir dengan hubungan yang tidak terdamaikan. Mei dan Satsuki, meskipun orang tua mereka sudah bercerai, orang tua mereka tetap kompak. Ayahnya yang merawat Mei dan Satsuki saat sang ibu terbaring di rumah sakit. Mereka pun pindah ke sebuah negara yang dikuasai makhluk halus bernama Totoro. Petualangan mereka pun dimulai. Film ini diisi oleh pengisi suara Dakota Fanning dan Elle Fanning.

5 dari 7 halaman

Precious

Precious (2009)

Claireece Jones adalah gadis kulit hitam yang kelebihan berat badan dan buta huruf. Selain hamil anak kedua, ia mesti mengurus anak pertamanya Mongo yang mengidap down syndrom. Ia hidup bersama ibunya, Mary, yang selalu menyiksanya baik secara fisik maupun emosional. Maria tidak melakukan apapun kecuali menonton. Ia percaya pendidikan tidak berguna bagi hidup anaknya. Namun anaknya tak mau duduk diam. Jones atau Precious berusaha bersekolah sendiri dengan kemampuannya. Di sana dia bertemu guru yang simpatik dengan perjuangannya, Blu Rain. Film ini dibintangi oleh bintang-bintang terkenal seperti Mariah Carey, Mo’Nique, Lenny Kravitz. Film ini memenangi dua Oscar dan ratusan penghargaan lain.

6 dari 7 halaman

Saving Face

Saving Face (2004)

Wil, seorang ahli bedah terkenal keturunan Amerika-China yang lesbian, terkejut saat rumahnya didatangi ibunya, Ma. Hubungan mereka berdua sebenarnya tak cukup baik. Namun Wil tak kuasa menolak Ma yang dibuang oleh suami atau ayahnya sendiri. Kehadiran Ma memengaruhi kehidupan pribadi Wil yang jatuh cinta dengan putri bosnya. Ibunya berjanji akan kembali ke Cina jika ia menikah lagi. Maka Wil pun mesti berjuang bersama ibunya untuk mencari pendamping ibunya. Film ini memenangkan banyak penghargaan, di antaranya Golden Horse Film Festival dan San Diego Asian Film Festival.

7 dari 7 halaman

Won’t Back Down

Won’t Back Down (2012)

Dua ibu tunggal bertekad agar anak-anak mereka yang dianggap gagal di sekolah, dapat kembali ke sekolah. Namun tak hanya itu, mereka ingin mengubah sekolah menjadi tempat yang lebih baik. Sebelumnya, mereka mesti berhadapan terlebih dahulu dengan orang tua, dewan sekolah, dan serikat guru. Mereka tak mau menyerah, karena ini untuk kebaikan anak-anak mereka. Film ini dibintangi oleh Maggie Gyllenhaal dan Viola Davis serta memenangkan Image Awards dan dinominasikan dalam penghargaan lainnya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6?. Caranya bisa dibaca di sini