Sukses

8 Etika Makan Paling Aneh di Dunia

Ada etika-etika makan yang harus Anda patuhi saat Anda menikmati makanan di negara-negara berikut.

Citizen6, Jakarta Setiap negara mempunyai etika makan yang berbeda menurut budaya masing-masing. Apa yang dianggap baik saat makan di Polandia, mungkin dianggap tidak sopan saat Anda melakukannya di Jepang. Berikut beberapa etika makan paling aneh dari berbagai negara di penjuru dunia menurut thirllist.com

1. Kanada

Bagi penduduk asli Kanada, Anda baru dianggap mengapresiasi makanan  mereka bila Anda kentut setelah makan. Jadi, bagi Anda yang suka kentut setelah makan, Kanada tempat tinggal yang tepat.

2. Jepang

Di Jepang, saat tuan rumah menyajikan sup atau mie berkuah, seruputlah kuahnya. Semakin keras bunyi seruputnya, berarti Anda menikmati makanan yang disajikan tuan rumah tersebut.

3. Timur Tengah dan India

Jangan coba-coba mengambil makanan atau makan dengan tangan kiri di Timur Tengah dan India. Karena di sana tangan kanan dianggap tangan yang baik karena digunakan untuk bekerja. Berbeda dengan tangan kiri. Anda kidal? Cobalah makan dengan tangan kanan di dua tempat tersebut.

4. Korea Selatan

Saat Anda jalan-jalan ke negeri K-Pop dan diajak makan bersama oleh tuan rumah, jangan pernah mengambil makanan terlebih dahulu. Di sana, yang dituakanlah yang harus mengambil makanan terlebih dahulu.

5. Italia

Jangan pernah meminta pelayanan restoran di Italia menambahkan keju di atas hidangan seafood yang Anda pesan. Menambahkan keju pada seafood berarti tidak menghormati chef restoran tersebut.

6. Thailand

Di Thailand, Anda akan dianggap tak tahu sopan santun bila memasukkan makanan ke dalam mulut menggunakan garpu. Di sana, garpu hanya digunakan untuk mendorong makanan ke sendok, baru dimasukkan ke dalam mulut.

7. Cina

Bila Anda makan nasi dengan sumpit di Cina, jangan pernah menusukkan sumpit Anda di nasi dalam keadaan tegak. Sebab itu akan mengingatkan mereka pada makanan yang diletakkan di depan altar.

8. Piring makan yang bersih

Piring yang bersih dari makanan setelah makan, maknanya berbeda-beda bagi budaya yang berbeda pula. Di India dan Jepang, piring yang bersih dari makanan berarti Anda menikmati makanan yang disajikan tuan rumah. Sebaliknya, di Cina piring yang bersih dari makanan akan membuat Anda dicap tidak sopan. Karena berarti Anda belum kenyang dan tidak cukup dengan makanan yang diberikan tuan rumah.

Tak berbeda jauh dengan etika makan di berbagai negara, Indonesia dengan beragamnya budaya pasti mempunyai tata krama tersendiri pula saat makan. Jangan lupa bertanya pada penduduk asli saat diajak makan di suatu daerah, ya. Agar Anda tidak dianggap tak sopan tentunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.