Sukses

BSI Jadi Sasaran Hoaks, dari Soal Layanan Sistem sampai Pembagian Hadiah

BSI dijadikan bahan hoaks yang disebar lewat media sosial, kabar bohong ini harus diwaspadai sebab bisa menyesatkan jika dipercaya, agar tidak menjadi koban hoaks seputar BSI, simak artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta- Bank Syariah Indonesia (BSI) menjadi salah satu BUMN yang dijadikan bahan hoaks, isu yang dikaitkan pun beragam mulai terkait keboloan sistem hingga pembagian hadiah.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap beragam hoaks seputar BSI, setelah melakukan penelusuran pada sejumlah informasi yang viral di media sosial.

Agar tidak menjadi korban hoaks seputar BSI, simak daftar berikut ini.

Pendaftaran Pembagian Hadiah dari BSI

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pendaftaran pembagian hadiah dari Bank Syariah Indonesia (BSI), informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 30 Juni 2024.

Unggahan tersebut berupa tulisan sebagai berikut.

"Dapatkan Hadiah di bawah⬇ dengan cara klik tombol DAFTAR.!!!!

Khusus nasabah yang sudah terdaftar di 𝗠-𝗯𝗮𝗻𝗴𝗸𝗶𝗻𝗴 jangan lewatkan kesempatan untuk menang raih hadiahnya berikut:

𝙃𝙖𝙙𝙞𝙖𝙝 𝙐𝙩𝙖𝙢𝙖

• 5 Unit mercedes-benz

• 4 Unit mobil Jeep Wrangler

• 20 Unit Vespa Primavera 150

• 40 Unit IPhone 15 promax

• 36 Emas 10gram

• 28 Paket uang tunai sebesar 15juta

• 31 Tiket wisata ke Jepang

Klik tombol daftar untuk cetak KUPON tukarkan sekarang ke kantor cabang BANK SYARIAH INDONESIA.!!!"

Informasi tersebut memuat tautan yang diklaim sebagai formulir pendaftaran yang meminta sejumlah identitas pribadi sebagai beirkut.

"https://choreodev.sf-nets.cfd/bsi/?fbclid=IwZXh0bgNhZW0CMTEAAR11bfzxxOerc0-Hzqd2h2dUsr-aiJliUDFxgaeiVV3LT5tCt8nXXvE7Rkk_aem_ZS-ufJ8wRL0dC8WudzDaqA"

Benarkah klaim pendaftaran pembagian hadiah dari BSI? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BSI Lakukan Ruqyah untuk Perbaiki Sistem Layanan

Beredar di media sosial postingan yang menyebut Bank Syariah Indonesia (BSI) melakukan ruqyah untuk memulihkan layanan sistem pada bank tersebut. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 11 Mei 2023.

Dalam unggahannya terdapat foto dengan narasi sebagai berikut:

"Mohon doa teman-teman sekalian, guru, dan rekan kita Ustaz Hasan Bishri iminta meruqyah ruang server BSI (Bank Syariah Indonesia) pusat yang sedang down dari kemarin. Ikhtiar lahir dan batin diupayakan. Semoga Allah beri kemudahan Aamiin yaa robbal 'alamin,"

Akun itu menambahkan narasi:

"Apakah ini yang dinamakan ikhtiar bumi dan langit?

Bumi = ikhtiar manusiaLangit = RUQYAH SISTEM😅

Sing sabar semua nasabah BSI"

Lalu benarkah postingan yang menyebut Bank Syariah Indonesia (BSI) melakukan ruqyah untuk memulihkan layanan sistem pada bank tersebut? Simak hasil penelusurannya di sini...

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.