Sukses

Deretan Hoaks Seputar Anies Baswedan Terbaru, Simak Daftarnya

Hoaks seputar Anies Baswedan masih terus beredar meski Pilpres telah usai. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks seputar Anies Baswedan masih terus beredar meski Pilpres telah usai. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar Anies Baswedan terbaru? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Video Anies Baswedan Menjadi Murtad

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Anies Baswedan menjadi murtad. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 5 Juni 2024.

Dalam video berdurasi 29 detik tampak Anies Baswedan sedang membakar dupa di sebuah vihara. Video itu disertai narasi "Sampe Segitunya ya Wan Yohanes"

Akun itu menambahkan narasi "susah deh sudah murtad kalah pula..."

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Anies Baswedan menjadi murtad? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Klarifikasi Pj Gubernur Dicopot Jokowi karena Anies Menang di Aceh

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Pj Gubernur Aceh dicopot Jokowi karena Anies menang di wilayah tersebut. Informasi ini diunggah salah satu akun Facebook, pada 12 Maret 2024.

Unggahan klaim Pj Gubernur Aceh dicopot Jokowi karena Anies menang di wilayah tersebut menampilkan video siaran berita Tv tentang pencopotan mendadak Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki.

Dalam video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"Pj. Gubernur Aceh di Copot Mendadak Oleh Jokowi, Gergara Anaknya Kalah Telah diAceh.

Aceh Anies 83% Pragi 15% itupun Suara Suku Jawa Trans".

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Anies menang telak di Aceh, pjbt Gub dicopot Jkdok. Why ....?"

Benarkah klaim Pj Gubernur Aceh dicopot Jokowi karena Anies menang di wilayah tersebut? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Foto Anies Baswedan Sedang Membaca Kitab Menebar Berita Bohong

Beredar di media sosial postingan foto Anies Baswedan sedang membaca kitab menebar berita bohong. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 18 Maret 2024.

Dalam postingannya terdapat foto Anies Baswedan sedang membaca kitab menebar berita bohong. Akun itu menambahkan emoticon tertawa dan jempol ke bawah.

Lalu benarkah postingan foto Anies Baswedan sedang membaca kitab menebar berita bohong? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun , tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautanĀ berikutĀ ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini