Sukses

Waspada Penipuan Lewat Hoaks yang Mencatut Honda, Simak Daftarnya

Cek Fakta Liputan6.com telah mengungkap sejumlah hoaks yang mencatut Honda, berikut kumpulannya.

Liputan6.com, Jakarta- Honda menjadi salah satu perusahaan besar yang dicatut untuk dijadikan bahan hoaks, tujuannya untuk meyakinkan pihak yang menerima informasi bohong tersebut.

Cek Fakta Liputan6.com telah mengungkap sejumlah hoaks yang mencatut Honda, dari hasil penelusuran informasi palsu tersebut menjadi modus penipuan.

Agar tak tertipu oleh hoaks yang mencatut Honda, simak daftar berikut ini.

AHM Bagikan Hadiah 50 Unit PCX dengan Menangkap Gambar

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim PT Astra Honda Motor (AHM) bagikan hadiah 50 unit PCX dengan menangkap gambar, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 11 Mei 2024.

Klaim AHM bagikan hadiah 50 unit PCX dengan menangkap gambar berupa video yang menampilkan tulisan sebagai berikut.

"PT Astra Honda Motor Bagikan hadiah 50 unit motor PCX apabila ada yg bisa menangkap gambar di bawah dengan tepat jikan bisa silahkan pilih warna

PUTIH

MERAH

HITAM

Cek bio untuk info lebih lanjut"

Dalam video tersebut terdapat gambar sepeda motor yang terlihat berjalan dengan bayangan di baliknya.

Benarkah klaim AHM bagikan hadiah 50 unit PCX dengan menangkap gambar? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini......

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Honda Ulang Tahun Bagikan 30 Unit Motor

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Honda ulang tahun bagikan 30 unit motor, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 13 Mei 2024.

Klaim Honda ulang tahun bagikan 30 unit motor berupa tulisan sebagai berikut.

"😍😍 HADIAH ULANG TAHUN 😍😍2024

🎉🎊 Untuk MENYAMBUT Ulang Tahun @Honda mimin mau BAGI BAGI HADIAH💚, tim @Honda mengirimkan 30 unit motor HONDA Baru secara GRATIS, kepada semua orang yang menulis "Selamat Ulang Tahun" PALING LAMBAT sampai 30 mei 2024 . Semoga Beruntung"

Benarkah klaim Honda ulang tahun bagikan 30 unit motor? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

3 dari 4 halaman

Honda Bagi-Bagi All New Scoopy Lewat WhatsApp

Informasi mengenai produsen sepeda motor, Honda membagikan hadiah beredar di media sosial. Kali ini, Honda diklaim membagikan hadiah sepeda motor All New Scoopy.

Informasi tersebut muncul lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp sejak 1 Juni 2022 lalu. Dalam pesan berantai itu, penerima diminta mengklik sebuah tautan. 

Ketika diklik, tautan tersebut mengarah ke sebuah situs. Bagian atas situs itu terdapat logo Honda berwarna merah, kemudian tertulis narasi bahwa penerima pesan telah mendapat hadiah sepeda motor All New Honda Scoppy.

Namun penerima pesan diminta untuk membagikan pesan tersebut ke 20 teman dan grup di WhatsApp. Berikut isinya:

"Hadiah Anda adalah: All-New Honda Scoopy, ikut petunjuk di halaman berikutnya untuk mengklaim hadiah Anda !

1. Bagikan dengan 5 grup/20 teman di WHATSAPP (klik ikon "WhatsApp" di bawah)

2. Klik "Lanjutkan" dan klaim hadiah Anda," demikian narasi dalam situs tersebut.

Benarkah informasi Honda membagikan All New Scoopy secara cuma-cuma lewat pesan WhatsApp? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.