Sukses

Cek Fakta: Hoaks Honda Bagi-Bagi All New Scoopy Lewat WhatsApp

Beredar informasi palsu atau hoaks Honda membagikan All New Scoopy secara gratis lewat pesan WhatsApp.

Liputan6.com, Jakarta - Informasi mengenai produsen sepeda motor, Honda membagikan hadiah beredar di media sosial. Kali ini, Honda diklaim membagikan hadiah sepeda motor All New Scoopy.

Informasi tersebut muncul lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp sejak 1 Juni 2022 lalu. Dalam pesan berantai itu, penerima diminta mengklik sebuah tautan.

Ketika diklik, tautan tersebut mengarah ke sebuah situs. Bagian atas situs itu terdapat logo Honda berwarna merah, kemudian tertulis narasi bahwa penerima pesan telah mendapat hadiah sepeda motor All New Honda Scoppy.

Namun penerima pesan diminta untuk membagikan pesan tersebut ke 20 teman dan grup di WhatsApp. Berikut isinya:

"Hadiah Anda adalah: All-New Honda Scoopy, ikut petunjuk di halaman berikutnya untuk mengklaim hadiah Anda !

1. Bagikan dengan 5 grup/20 teman di WHATSAPP (klik ikon "WhatsApp" di bawah)

2. Klik "Lanjutkan" dan klaim hadiah Anda," demikian narasi dalam situs tersebut.

Benarkah informasi Honda membagikan All New Scoopy secara cuma-cuma lewat pesan WhatsApp? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi Honda membagikan All New Scoopy secara cuma-cuma lewat pesan WhatsApp. Penelusuran dilakukan dengan menghubungi General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM), Ahmad Muhibbuddin.

Pria yang akrab disapa Muhib itu memastikan bahwa pesan berantai berisi informasi Honda membagikan sepeda motor All New Scoopy adalah hoaks.

"Itu hoax," kata Muhib kepada Liputan6.com, Kamis (2/6/2022).

Muhib mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah membagikan hadiah sepeda motor lewat pesan berantai di WhatsApp.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Informasi Honda membagikan All New Scoopy secara cuma-cuma lewat pesan WhatsApp ternyata tidak benar alias hoaks. PT AHM tidak pernah membagikan hadiah sepeda motor lewat pesan berantai di WhatsApp.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.