Sukses

Deretan Hoaks Perisitwa Luar Negeri, dari Konflik sampai Bencana

Informasi palsu seputar peristiwa luar negeri ini beragam, mulai dari konflik antar negara hingga bencana alam.

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks tentang peristiwa luar negeri beredar di media sosial, hal ini telah terungkap dari penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Informasi palsu seputar peristiwa luar negeri ini beragam, mulai dari konflik antar negara hingga bencana alam.

Berikut kumpulan hoaks seputar peristiwa di luar negeri.

Video Drone Iran Nyangkut di Kabel Listrik Wilayah Israel

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video drone Iran nyangkut di kabel listrik wilayah Israel, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 28 April 2024.

Unggahan klaim video drone Iran nyangkut di kabel listrik wilayah Israel menampilkan sebuah benda dengan bentuk menyerupai pesawat terlihat menyangkut pada bentangan kabel di udara.

Dalam video tersebut terdapat tulisan "Drone Iran nyangkut di kabel listrik wilayah israel"

Benarkah klaim video drone Iran nyangkut di kabel listrik wilayah Israel? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Unta Hanyut saat Banjir di Dubai

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video unta hanyut saat banjir di Dubai, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 20 April 2024.

Unggahan klaim video unta hanyut saat banjir di Dubai diawali dengan tayangan sapi yang hanyut di aliran air.

Dalam tayangan video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"Banjir Bandang DIBliter Menghanyutkan Sapi Dan Kerbaukalau Banjir di ABUDABI MENGHANYUTKAN UNTA

JAGALAN LINGKUNGAN MUBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA JANGAN LAKUKAN PENEBANGAN HUTAN SECARA LIAR"

Kemudian dilanjutkan dengan tayangan sejumlah unta yang berada di tengah perairan, tayang lain menampilkan beberapa ekor unta terjebak di arus air yang mengalir deras.

Dalam tayangan tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"The other side of Dubai The desert.

Animals in the flood".

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Kalo ditempatq banjir yg hanyut sapi kambing ayamKalo diabudabi ya unta#gajiandrfb #suparman #superman#ryangarcia #poledance #bikini #abudabi #burjkalifah #banjirdubai#uk #timesquare #oneprade #happyholiday #vollyball #mancingmania #winter #jetski#jepang #hongkong #ponorogo #uk #bolliwod #holywod"

Benarkah klaim video unta hanyut saat banjir di Dubai? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

3 dari 4 halaman

Foto Gedung Miring Akibat Gempa Taiwan pada 3 April 2024

Sebuah foto gedung miring yang diklaim akibat gempa di Taiwan pada 3 April 2024 beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Instagram pada 3 April 2024.

Dalam foto tersebut terlihat gedung bertingkat. Namun, posisinya tampak miring dan diklaim akibat gempa yang mengguncang Taiwan pada 3 April 2024.

"BREAKING: Scary Visuals Coming From Taiwan Where A 7,5 Scale Earthquake Hit Today," demikian narasi dalam foto tersebut.

"Taiwan was hit by the strongest earthquake in 25 years 😳💔," tulis salah satu akun Instagram.

Sebelumnya, gempa mengguncang Taiwan pada Rabu 3 April 2024. Gempa tersebut menimbulkan korban tewas dan luka serta tsunami di Jepang. Filipina sempat mengeluarkan peringatan tsunami, namun kemudian mencabutnya.

Departemen Pemadam Kebakaran Taiwan mengatakan satu orang diduga tewas tertimpa batu di wilayah pegunungan Hualien, tempat pusat gempa berada. Sementara itu, lebih dari 50 orang terluka. Demikian seperti dilansir Reuters.

"Setidaknya 26 bangunan runtuh, lebih dari setengahnya berada di Hualien, dengan sekitar 20 orang terjebak dan upaya penyelamatan masih berlangsung," sebut Departemen Pemadam Kebakaran Taiwan.

Benarkah gedung dalam foto itu miring akibat gempa yang mengguncang Taiwan pada 3 April 2024? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.....

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini