Sukses

Waspada Penipuan Catut Nama Bank Daerah, dari Bank Papua hingga Bank Aceh

Belakangan ini marak konten penipuan mencatut sejumlah nama bank daerah. Hoaks ini tersebar di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini marak konten penipuan mencatut sejumlah nama bank daerah. Hoaks ini tersebar di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks penipuan catut nama bank daerah? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Bank Papua Buka Link Pendaftaran Gebyar Hadiah di Facebook

Beredar di media sosial postingan Bank Papua membuka pendaftaran untuk gebyar hadiah di Facebook. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 28 Januari 2024.

Berikut isi postingannya:

"𝙄𝙣𝙛𝙤_𝙏𝙚𝙧𝙗𝙖𝙧𝙪_𝟐𝟎𝟐𝟒 𝙂𝙚𝙗𝙮𝙖𝙧 𝙃𝙖𝙙𝙞𝙖𝙝 𝘽𝙋𝘿 𝘽𝙖𝙣𝙠 𝙋𝙖𝙥𝙪𝙖.𝙆𝙝𝙪𝙨𝙪𝙨 𝙉𝙖𝙨𝙖𝙗𝙖𝙝 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙨𝙪𝙙𝙖𝙝 𝘼𝙠𝙩𝙞𝙛 𝙈𝙤𝙗𝙞𝙡𝙚 𝘽𝙖𝙣𝙠𝙞𝙣𝙜 𝘽𝙖𝙣𝙠 𝙋𝙖𝙥𝙪𝙖, 𝙗𝙪𝙧𝙪𝙖𝙣 𝙙𝙖𝙛𝙩𝙖𝙧 𝙪𝙣𝙙𝙞𝙖𝙣 𝙋𝙖𝙣𝙚𝙣 𝙃𝙖𝙙𝙞𝙖𝙝 𝘽𝙋𝘿 𝘽𝙖𝙣𝙠 𝙋𝙖𝙥𝙪𝙖, 𝙗𝙞𝙨𝙖 𝙡𝙖𝙣𝙜𝙨𝙪𝙣𝙜 𝙗𝙖𝙬𝙖𝙝 𝙥𝙪𝙡𝙖𝙣𝙜 𝙨𝙖𝙡𝙖𝙝 𝙨𝙖𝙩𝙪 𝙃𝙖𝙙𝙞𝙖𝙝 𝙈𝙚𝙣𝙖𝙧𝙞𝙠 𝙙𝙞 𝙗𝙖𝙬𝙖𝙝 𝙞𝙣𝙞,,•{ 𝙃𝙖𝙙𝙞𝙖𝙝 𝙪𝙩𝙖𝙢𝙖}•• 𝟑 𝙐𝙣𝙞𝙩 𝙈𝙤𝙗𝙞𝙡 𝙛𝙤𝙧𝙩𝙪𝙣𝙚𝙧• 𝟒 𝙐𝙣𝙞𝙩 𝙈𝙤𝙗𝙞𝙡 𝘽𝙧𝙞𝙤• 𝟑𝟓𝟎 𝙜𝙧𝙖𝙢 𝙚𝙢𝙖𝙨 𝙢𝙪𝙧𝙣𝙞• 𝟐 𝙐𝙣𝙞𝙩 𝙝𝙤𝙣𝙙𝙖 𝙫𝙖𝙧𝙞𝙤 • 𝟐 𝙐𝙣𝙞𝙩 𝙃𝙤𝙣𝙙𝙖 𝘾𝘽𝙍 • 𝟕 𝙃𝙤𝙣𝙙𝙖 𝙗𝙚𝙖𝙩 𝙨𝙥𝙤𝙧𝙩𝙮• 𝟑 𝙋𝙖𝙠𝙚𝙩 𝙬𝙞𝙨𝙖𝙩𝙖 𝙆𝙚 𝙎𝙞𝙣𝙜𝙖𝙥𝙪𝙧𝙖𝘿𝙖𝙣 𝙢𝙖𝙨𝙞𝙝 𝙗𝙖𝙣𝙮𝙖𝙠 𝙡𝙖𝙜𝙞 𝙃𝙖𝙙𝙞𝙖𝙝 𝙢𝙚𝙣𝙖𝙧𝙞𝙠 𝙡𝙖𝙞𝙣𝙣𝙮𝙖, 𝙞𝙣𝙛𝙤𝙧𝙢𝙖𝙨𝙞 𝙥𝙚𝙣𝙙𝙖𝙛𝙩𝙖𝙧𝙖𝙣 𝙆𝙡𝙞𝙠 𝙢𝙚𝙣𝙪 { 𝘿𝘼𝙁𝙏𝘼𝙍 𝙎𝙀𝙆𝘼𝙍𝘼𝙉𝙂 }"

Lalu benarkah postingan Bank Papua membuka pendaftaran untuk gebyar hadiah di Facebook? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Link Pendaftaran Undian Berhadiah Catut Nama Bank BJB Syariah

Beredar di media sosial postingan link pendaftaran untuk undian berhadiah Bank BJB Syariah. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 5 Januari 2024.

Dalam postingannya terdapat link yang mengarah ke website tertentu. Website itu meminta sejumlah data pribadi seperti nama, nomor handphone, hingga nomor rekening.

Website itu disertai narasi sebagai berikut:

"Assalamualaikum, Selamat Datang, Anda Ingin daftar Gebyar Undian BJB Syariah, Silahkan Isi Formulir di bawah"

Lalu benarkah postingan link pendaftaran untuk undian berhadiah Bank BJB Syariah? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Bank Aceh Buka Link Pendaftaran Gebyar Undian Berhadiah di Facebook

Beredar di media sosial postingan Bank Aceh membuka link pendaftaran gebyar undian berhadiah di Facebook. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun bernama BPD Bank Aceh mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 8 Agustus 2023.

Berikut isi postingannya:

"*Info berhadiah**Khusus Nasabah (Bank-Aceh) yang sudah aktif (Action) ayo buruan daftar agar kamu berkesempatan menjadi pemenang Gebyar-Undian (Akhir-Tahun):* *Paket Umbroh Gratis**Mobil**Motor**Emas Murni**Lemari Es**Smartphone**TV**Sepeda gunung**Rice cooker* *Masih banyak ke untungan lainnya..**Info lebih lanjut tentang pendaftaran (Gebyar-Undian) silakan klik menu (Daftar) yang kami sediakan.* *Untuk pendaftaran gratis...*'

Lalu benarkah postingan Bank Aceh membuka link pendaftaran gebyar undian berhadiah di Facebook? Simak dalam artikel berikut ini...

4. Cek Fakta: Hoaks Pendaftaran Gebyar Undian Bank Sulselbar di Facebook

Beredar di media sosial postingan pendaftaran gebyar undian yang diadakan Bank Sulselbar. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 4 Maret 2024.

Berikut isi postingannya:

"Khusus Nasabah Bank SulselbarGEBYAR UNDIAN GRAND PRIZE TABUNGAN Berhadiah dari Bank Sulselbar# Hadir lagi, Ayo buruan Daftar agar memenangkan Grand Prize Seperti:

- Grand Prize Mobil

-1 Unit Mobil Alphard

-1 Unit Mobil CR-V Turbo

-1 Unit Mobil HR-V CVT

-1 Unit Mobil Xpander

-1 Unit Mobil Fortuner

-1 Unit Mobil BR-V

-1 Unit Mobil BRIO

-1 Unit Mobil BMW -

10 Unit Motor Scopy -

8 Unit Motor Xmax-

10 Unit TV Led 50 in-

20 Unit Smarphone promax14

-10 Paket wisata Singapura

-10 Paket Umroh Gratis

Masih banyak keuntungan lainnya... info lebih lanjut tentang pendaftaran ( GEBYAR UNDIAN GRAND PRIZE BANK SULSELBAR) silakan klik menu ( Daftar ) yang kami sediakan."

Lalu benarkah postingan pendaftaran gebyar undian yang diadakan Bank Sulselbar? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.