Sukses

Awas Penipuan Lewat Hoaks Seputar Bantuan dari Pemerintah, Simak Kumpulannya

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks seputar bantuan pemerintah masih terus bermunculan lewat media sosial dan aplikasi percakapan, keberadaan informasi palsu ini perlu diwaspadai agar kita tidak menjadi korbannya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap sejumlah hoaks terkait dengan hoaks bantuan, dari hasil penelusuran salah satu tujuan hoaks tersebut disebar adalah untuk menipu.

Berikut kumpulan hoaks terkini seputar pemberian bantuan.

Surat Pemberian Bantuan Modal Rp 40 Juta dari Kementerian Perdagangan

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim surat pemberian bantuan modal Rp 40 juta dari Kementerian Perdagangan, informasi tersebut beredar di tengah masyarakat lewat aplikasi percakapan.

Surat pemberian bantuan modal dari Kementerian Perdagangan menampilkan lambang Kementerian Perdagangan tertanggal 2 Februari 2024.

Suarat tersebut berupa undangan pelatihan dan penerimaan bantuan modal gratis sebesar Rp 40 juta, adapun lokasi pelatihan yang tercantum dalam surat tersebut di Mercure Resort Bali Sanur.

Dalam surat tersebut terdapat ketentuan bagi peserta yang mengikuti pelatihan dan menerima bantuan modal, di antaranya adalah diarahkan menghubungi pihak travel untuk reservasi akomodasi.

Benarkah klaim surat pemberian bantuan modal Rp 40 juta dari Kementerian Perdagangan? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tautan Pendaftaran BBM dan BLT Rp 750 Ribu di Facebook

Beredar di media sosial postingan link pendaftaran untuk bantuan BBM dan BLT sebesar Rp 750 ribu di Facebook. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 24 Desember 2023.

Berikut isi postingannya:

"Untuk mendukung bangsa Indonesia kami memutuskan untuk memberikan hadiah sebesar IDR 750.000 kepada semua warga dan penduduk sebagai dukungan dan bantuan kepada masyarakat Indonesia."

Hingga saat ini postingan tersebut telah dilihat 1,5 juta kali dan 87 kali dibagikan.

Lalu benarkah postingan link pendaftaran untuk bantuan BBM dan BLT sebesar Rp 750 ribu di Facebook? Simak hasil penelusurannya di sini....

Β 

3 dari 4 halaman

Tautan Situs Pendaftaran Tambahan BLT El Nino Sebesar Rp 400 Ribu

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim situs pendaftaran tambahan BLT El NinoΒ sebesar Rp 400 ribu, kabar tersebut diberedar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut klaim pendaftaran tambahan BLT El Nino Rp 400 ribu.

"𝑲𝒂𝒃𝒂𝒓 π’ˆπ’†π’Žπ’ƒπ’Šπ’“π’‚ π’‘π’†π’Žπ’†π’“π’Šπ’π’•π’‚π’‰ π’‚π’Œπ’‚π’ π’Žπ’†π’Žπ’ƒπ’†π’“π’Šπ’Œπ’‚π’ 𝒃𝒂𝒏𝒕𝒖𝒂𝒏 π’•π’‚π’Žπ’ƒπ’‚π’‰π’‚π’ 𝑩𝑳𝑻 𝑬𝑳 𝑡𝑰𝑡𝑢 𝑹𝒑 400.000

Segera Daftarkan Diri Anda Sebelum Ditutup

1. Pencairan Bantuan tidak di pungut biaya sepeserpun

2. Buka websitenya dan segera daftarkan Diri Anda Untuk Mendapatkan dana BLT EL Nino

3. Batas Pendaftaran Sampai 30 Desember 2023

Klik Pada link dibawah untuk mendaftar

https://bpnt5.my.id/?v=cekbansos"

Benarkah klaim pendaftaran tambahan BLT El Nino sebesar Rp 400 ribu? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini......

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat KanalΒ Cek Fakta Liputan6.comΒ pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018,Β Cek Fakta Liputan6.comΒ bergabung dalamΒ International Fact Checking Network (IFCN)Β dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatifΒ cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautanΒ berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini