Sukses

6 Hoaks yang Beredar Sepekan, dari Seputar Politik sampai Pembagian Hadiah

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks yang beredar di media sosial semakin beragam, informasi bohong ini tentu bisa menyesatkan jika dipercaya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap beragam hoaks, setelah melakukan penelusuran sejumlah informasi yang beredar di media sosial.

Berikut kumpulan hoaks terkini yang beredar dalam sepekan.

1. Video Presiden Jokowi Meminta Berhati-hati Pilih Pasangan Nomor Urut Dua

Beredar di media sosial postingan video Presiden Jokowi meminta untuk berhati-hati dalam memilih pasangan nomor urut dua. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Instagram. Akun itu mempostingnya pada 27 Januari 2024.

Dalam postingannya terdapat video Jokowi sedang berpidato dengan narasi sebagai berikut:

"Yang pilih nomor dua itu hati-hati karena pasti ini karena emosional dan kurang informasi. Dan sebetulnya tawarannya tidak masuk akal."

Postingan video itu disertai narasi "Ikut arahan Jokowi, Hati-hati pilih 02."

Lalu benarkah postingan video Presiden Jokowi meminta untuk berhati-hati dalam memilih pasangan nomor urut dua? Simak hasil penelusurannya di sini...

 

2. Video Rosiana Silalahi Mewawancarai Dokter Terawan Terkait Terobosan Atasi Hipertensi

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video wawancara Rosiana Silalahi dengan Dokter Terawan Agus Putranto terkait terobosan mengatasi hipertensi.

Klaim video wawancara Rosiana Silalahi dengan Dokter Terawan terkait terobosan mengatasi hipertensi menampilkan Rosiana Silalahi dan Dokter Terawan yang sedang berdialog, dalam video tersebut terdapat logo kompas Tv dan program acara ROSI.

Berikut transkrip dialog dalam video tersebut.

Rosi:

"Dokter beritahu kami bagaimana penderita tekanan darah tinggi perlu melawan hipertensi mungkin ada obat ajaib atau metode ajaib, bagikan pengalaman Anda kepada pembaca yang mempunyai masalah dengan tekanan darah.

Sehingga mereka akhirnya bisa melupakan penyakit darah tinggi, saya yakin ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca."

Dokter Terawan:

"Tahukah anda bahwa orang selalu berbohong kepada anda ketika mengatakan bahwa hipertensi tidak dapat disembuhkan, seorang ilmuwan muda membuat penemuan revolusioner yang mengubah segala pemikiran kita tentang tekanan darah tinggi, mereka mengungkapkan kepada dunia bahwa penyebab utama hipertensi tidak ada hubungannya dengan latar belakang genetik, gaya hidup yang buruk, obesitas usia atau genetika, dan industri farmasi yang korupsi tidak mempunyai cara untuk mengatasi akar permasalahannya.

Faktanya apa yang ditemukan para ilmuwan ini akan mengejutkan dan bahkan membuat anda takut jika anda menderita tekanan darah tinggi pengolahan kalium dalam serum darah terganggu, sehingga menyebabkan darah mengental dan menurunkan fungsi jantung dan pembuluh darah, sehingga darah tidak dapat bersirkulasi pada titik ini tekanan meningkat dan semakin lama pembekuan darah tetap terkontaminasi semakin besar, kemungkinan terjadinya hipertensi yang dapat menimbulkan konsekuensi Serius.

Dunia medis merayakan solusi revolusioner yaitu membuat terobosan dalam pengobatan hipertensi dan bagian terbaiknya adalah hal ini tidak ada hubungannya dengan bahan kimia obat-obatan berbahaya atau pola makan gila dan anda dapat melakukannya hari ini dengan aman dan nyaman di rumah Anda sendiri.

Solusi ini mengatasi penyebab sebenarnya dari hipertensi yang mengganggu kesehatan secara gratis, tentang akar permasalahan dan metode yang telah memulihkan kehidupan ribuan pria dan wanita, membantu mereka memulihkan tekanan darah yang stabil dan mencegah risiko stroke anemia dan penyakit lainnya dan cepat yang bisa dilakukan setiap hari di rumah, ini adalah metode yang sama yang digunakan lebih dari 80.000 orang untuk menurunkan tekanan darah mereka.

Dan inilah yang akan membantu Anda menyembuhkan penyakit mengerikan anda untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana hal ini dapat dilakukan.

Saya baru saja menerbitkan tutorial kecil yang mengungkapkan semua Rahasianya namun penting untuk bertugas karena video kami dapat dihapus kapan saja karena tekanan kuat dari perusahaan farmasi jangan korups, jangan lewatkan kesempatan ini tunggu apalagi penyakit darah tinggi akan hilang dalam sehari klik Lebih detail dan kendalikan kesehatan anda"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️ 9,8/10Tekanan darah Anda akan menjadi 120/80 dan Anda akan kembali normal"

Benarkah klaim video wawancara Rosiana Silalahi dengan Dokter Terawan terkait terobosan mengatasi hipertensi? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com simak hasil penelusurannya di sini.....

 

3. Bank Papua Buka Link Pendaftaran Gebyar Hadiah di Facebook

Beredar di media sosial postingan Bank Papua membuka pendaftaran untuk gebyar hadiah di Facebook. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 28 Januari 2024.

Berikut isi postingannya:

"𝙄𝙣𝙛𝙤_𝙏𝙚𝙧𝙗𝙖𝙧𝙪_𝟐𝟎𝟐𝟒 𝙂𝙚𝙗𝙮𝙖𝙧 𝙃𝙖𝙙𝙞𝙖𝙝 𝘽𝙋𝘿 𝘽𝙖𝙣𝙠 𝙋𝙖𝙥𝙪𝙖.𝙆𝙝𝙪𝙨𝙪𝙨 𝙉𝙖𝙨𝙖𝙗𝙖𝙝 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙨𝙪𝙙𝙖𝙝 𝘼𝙠𝙩𝙞𝙛 𝙈𝙤𝙗𝙞𝙡𝙚 𝘽𝙖𝙣𝙠𝙞𝙣𝙜 𝘽𝙖𝙣𝙠 𝙋𝙖𝙥𝙪𝙖, 𝙗𝙪𝙧𝙪𝙖𝙣 𝙙𝙖𝙛𝙩𝙖𝙧 𝙪𝙣𝙙𝙞𝙖𝙣 𝙋𝙖𝙣𝙚𝙣 𝙃𝙖𝙙𝙞𝙖𝙝 𝘽𝙋𝘿 𝘽𝙖𝙣𝙠 𝙋𝙖𝙥𝙪𝙖, 𝙗𝙞𝙨𝙖 𝙡𝙖𝙣𝙜𝙨𝙪𝙣𝙜 𝙗𝙖𝙬𝙖𝙝 𝙥𝙪𝙡𝙖𝙣𝙜 𝙨𝙖𝙡𝙖𝙝 𝙨𝙖𝙩𝙪 𝙃𝙖𝙙𝙞𝙖𝙝 𝙈𝙚𝙣𝙖𝙧𝙞𝙠 𝙙𝙞 𝙗𝙖𝙬𝙖𝙝 𝙞𝙣𝙞,,•{ 𝙃𝙖𝙙𝙞𝙖𝙝 𝙪𝙩𝙖𝙢𝙖}•• 𝟑 𝙐𝙣𝙞𝙩 𝙈𝙤𝙗𝙞𝙡 𝙛𝙤𝙧𝙩𝙪𝙣𝙚𝙧• 𝟒 𝙐𝙣𝙞𝙩 𝙈𝙤𝙗𝙞𝙡 𝘽𝙧𝙞𝙤• 𝟑𝟓𝟎 𝙜𝙧𝙖𝙢 𝙚𝙢𝙖𝙨 𝙢𝙪𝙧𝙣𝙞• 𝟐 𝙐𝙣𝙞𝙩 𝙝𝙤𝙣𝙙𝙖 𝙫𝙖𝙧𝙞𝙤 • 𝟐 𝙐𝙣𝙞𝙩 𝙃𝙤𝙣𝙙𝙖 𝘾𝘽𝙍 • 𝟕 𝙃𝙤𝙣𝙙𝙖 𝙗𝙚𝙖𝙩 𝙨𝙥𝙤𝙧𝙩𝙮• 𝟑 𝙋𝙖𝙠𝙚𝙩 𝙬𝙞𝙨𝙖𝙩𝙖 𝙆𝙚 𝙎𝙞𝙣𝙜𝙖𝙥𝙪𝙧𝙖𝘿𝙖𝙣 𝙢𝙖𝙨𝙞𝙝 𝙗𝙖𝙣𝙮𝙖𝙠 𝙡𝙖𝙜𝙞 𝙃𝙖𝙙𝙞𝙖𝙝 𝙢𝙚𝙣𝙖𝙧𝙞𝙠 𝙡𝙖𝙞𝙣𝙣𝙮𝙖, 𝙞𝙣𝙛𝙤𝙧𝙢𝙖𝙨𝙞 𝙥𝙚𝙣𝙙𝙖𝙛𝙩𝙖𝙧𝙖𝙣 𝙆𝙡𝙞𝙠 𝙢𝙚𝙣𝙪 { 𝘿𝘼𝙁𝙏𝘼𝙍 𝙎𝙀𝙆𝘼𝙍𝘼𝙉𝙂 }"

Lalu benarkah postingan Bank Papua membuka pendaftaran untuk gebyar hadiah di Facebook? Simak hasil penelusurannya di sini.....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hoaks Berikutnya

4. Foto Anies Baswedan dan Titiek Soeharto Berpose 3 Jari Dukung Ganjar-Mahfud

 

<p>Cek Fakta Anies Baswedan foto tiga jari bersama Titiek Soeharto.</p>

 

Beredar di media sosial postingan foto Anies Baswedan dan Titiek Soeharto berpose tiga jari sebagai dukungan pada pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 29 Januari 2024.

Dalam postingannya terdapat foto Anies dan Titiek sedang berpose tiga jari dengan narasi "So sweet dukung nomor 3".

Akun itu juga menambahkan narasi "Semua Orangg 03 GANJAR - MAHFUDD"

Lalu benarkah postingan foto Anies Baswedan dan Titiek Soeharto berpose tiga jari sebagai dukungan pada pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD? Simak hasil penelusurannya di sini....

 

5. Video Pembagian Sembako Oleh Presiden Jokowi Dalam Rangka Pemilu

Cek Fakta Liputan6.com mendapati kalim video Presiden Jokowi bagikan sembako di depan istana dalam rangka Pemilu, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 27 Januari 2024.

Unggahan klaim video Presiden Jokowi bagikan sembako di depan istana dalam rangka Pemilu diawali dengan thumbnail foto Jokowi disertai dengan tulisan "JOKOWI BAGI-BAGI SEMBAKO DI DEPAN ISTANA NEGARA".

Kemudian dilanjutkan dengan video Menteri BUMN Erick Thohir sedang merekam aktivitas sejumlah orang, salah satunya Jokowi sedang menyaksikan sejumlah orang yang memberikan sesuatu pada pengendara motor yang melintas. Dalam video tersebut Erick berbicara, berikut transkripnya.

"Pembagian sembako oleh bapak presiden di depan istana, alhamdulillah masyarakat senang luar biasa pemimpin bangsa".

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"KALO sdh biasa Curang sampai kpn pun tetep curang...

Jokowi bersama menteri2nya, bagi-bagi sembako di depan istana. Lumayan buat bekel menjelang Pemilu?!

"Luar Biasa, Pemimpun Bangsa Banget"

Benarkahklaim video Presiden Jokowi bagikan sembako di depan istana dalam rangka Pemilu? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

6. Foto Presiden Jokowi Bagikan Sembako di Depan Istana Merdeka Terkait Pemilu 2024

<p>Cek fakta Presiden Jokowi bagikan sembako di depan Istana Merdeka.</p>

 

Beredar di media sosial postingan foto yang menyebut Presiden Jokowi membagikan sembako di depan Istana Merdeka terkait Pemilu 2024. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 28 Januari 2024.

Dalam postingannya terdapat foto Presiden Jokowi di samping sembako dan terdapat pengendara ojek online yang melambaikan tangan padanya. Akun itu menambahkan narasi:

"Sebuah TONTONAN yang meruntuhkan AKAL SEHAT dan NALAR Kaum OD, buzzer dan tersandera bertepuk tangan dan bersorak bangga dengan ini. REZIM beginikah yang mau dilanjutkan?"

Postingan itu juga disertai link yang mengarah pada sebuah website.

Lalu benarkah postingan foto yang menyebut Presiden Jokowi membagikan sembako di depan Istana Merdeka terkait Pemilu 2024? Simak dalam artikel berikut ini...

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini