Sukses

Cek Fakta: Tidak Terbukti Anies Baswedan Larang Ucapkan Selamat Natal saat Menjabat Gubernur DKI Jakarta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Anies Baswedan larang ucapkan selamat Natal saat menjabat Gubernur DKI Jakarta

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Anies Baswedan larang mengucapkan selamat Natal saat menjabat Gubernur DKI Jakarta, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 4 Desember 2023.

Klaim Anies Baswedan larang mengucapkan selamat Natal saat menjabat Gubernur DKI Jakarta berupa tulisan sebagai berikut.

"Ini baru namanya toleransi beragama. Jangan seperti di DKI Jakarta, Gubernurnya dulu si anis. Tapi toleransi beragama hancur hancuran dibuatnya. Ngak boleh mengucapkan selamat Hari Natal pada orang kristen katanya Hukumnya HARAM. Ngak boleh pakai Atribut topi senterclaus katanya Haram juga. Semua serba HARAM. Tapi giliran duit tidak ada haramnya.Hehehe..."

Benarkah klaim Anies Baswedan larang mengucapkan selamat Natal saat menjabat Gubernur DKI Jakarta? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Anies Baswedan larang ucapkan selamat Natal saat menjabat Gubernur DKI Jakarta, menggunakan Google Search dengan kata kunci 'Anies Baswedan larang ucapkan selamat Natal'. Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Ucapkan Selamat Natal, Anies Ajak Masyarakat Perkuat Persaudaraan di Tengah Pandemi Covid-19" yang dimuat situs megapolitan.kompas.com, pada 15 Desember 2023.

 

Situs megapolitan.kompas.com meyebutkan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan selamat Natal bagi seluruh umat kristiani, khususnya bagi mereka yang berada di Jakarta.

Anies mengatakan, perayaan Natal 2020 ini harus dilewati dengan suasana yang berbeda, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

Namun, dia mengharapkan kondisi saat ini justru bisa dijadikan momentum untuk memperkuat rasa persaudaraan antar sesama di tengah masa sulit saat ini

"Bisa justru memperkuat rasa persaudaraan, rasa saling mengasihi antara sesama kita, terlebih di masa yang penuh dengan ujian ini," ujarnya melalui video di akun media sosial Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jumat (25/12/2020).

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, seluruh kegiatan baik peribadatan maupun perayaan Natal harus dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Kendati demikian, Anies berharap suasana perayaan yang berbeda dengan segala keterbatasan aktivitas ini tidak mengurangi khidmatnya Hari Raya Natal 2020.

"Semoga suasana perayaan yang berbeda tidak mengubah khidmatnya, kedamaiannya, kehangatannya, keteduhannya," kata Anies.

"Sekali lagi, atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kami mengucapkan selamat merayakan hari Natal," pungkas Anies.

Penelusuran juga mengarah pada video berjudul "Ucapan Natal Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan" yang dimuat akun YouTube resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, pada 25 Desember 2020.

Dalam video tersebut Anie Baswedan mengucapkan selamat Natal.

Berikut transkripnya.

"Atas nama pemerintah Provinsi DKI Jakarta Kami mengucapkan selamat merayakan Natal kepada seluruh umat Kristiani di Jakarta, seperti kita ketahui tahun ini kita menghadapi suasana pandemi kan itu perayaan tentu akan berlangsung dengan berbeda.

Izinkan saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh jamaah gereja yang pada tahun ini merayakan natalnya dengan mengedepankan protokol kesehatan mencegah penularan dan melindungi sesama.

Semoga suasana perayaan yang berbeda tidak mengubah hikmatnya, kedamaiannya kehangatannya, keteguhannya, bahkan bisa justru memperkuat rasa persaudaraan, rasa saling mengasihi antar sesama kita, terlebih di masa yang penuh dengan ujian ini.

Sekali lagi atas nama pemerintah Provinsi DKI Jakarta Kami mengucapkan selamat merayakan hari natal.

Terima kasih."

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"#aniesbaswedan #Natal2020 #christmasSelamat merayakan Hari Natal dari Gubernur DKI Jakarta @aniesbaswedan.

Semoga suasana perayaan yang berbeda, tidak mengubah khidmatnya, kedamaiannya, kehangatannya, keteduhannya, bahkan bisa justru memperkuat rasa persaudaraan, rasa saling mengasihi antar sesama kita, terlebih di masa yang penuh dengan ujian ini.

#Natal2020 #ChristmasinJakarta #natal #christmas #aniesbaswedan:

 

Sumber:

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/12/25/09462291/ucapkan-selamat-natal-anies-ajak-masyarakat-perkuat-persaudaraan-di.

https://www.youtube.com/watch?v=KfxOu1NZSgg

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Anies Baswedan larang ucapkan selamat Natal saat menjabat Gubernur DKI Jakarta tidak terbukti.

Saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terbukti mengucapkan selamat Natal bagi seluruh umat kristiani, khususnya bagi mereka yang berada di Jakarta.

Anies mengatakan, perayaan Natal 2020 ini harus dilewati dengan suasana yang berbeda, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini