Sukses

Ragam Hoaks Seputar Barack Obama, Simak Faktanya

Hoaks bisa mencatut nama siapa saja tak terkecuali mantan Presiden AS, Barack Obama. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks bisa mencatut nama siapa saja tak terkecuali mantan Presiden AS, Barack Obama. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks yang mencatut nama Barack Obama? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Benarkah Barack Obama Ditangkap Karena Jadi Mata-Mata China? Simak Penelusurannya

Awal Desember 2020, ada sebuah klaim yang menyebut mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama ditangkap pihak kepolisian dengan tuduhan sebagai mata-mata untuk pemerintah China.

Cek Fakta Liputan6.com menemukan tiga akun Facebook yang mengklaim Obama ditangkap dengan tuduhan mata-mata pemerintah China. Tiga akun tersebut adalah Ron Addis, Eric Cornick, dan Elizabeth Tara Needham.

Begini narasinya:

"Meskipun itu terjadi beberapa waktu lalu, informasi ini akhirnya bocor. Mantan Presiden Barack Obama ditangkap karena spionase."

Satu dari tiga akun tersebut juga mengunggah sebuah artikel yang isinya Barack Obama ditangkap karena menjadi spionase untuk pemerintah China. Artikel itu berada di situs Living Faith.

Lalu, benarkah klaim Obama ditangkap dengan tuduhan spionase pemerintah China? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Kicauan Barack Obama di Twitter dengan Klaim Sindir Donald Trump

Warga Facebook berbondong-bondong mengunggah tangkapan layar dari mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Dari tangkapan layar, terlihat kalau Barack Obama membuat kicauan itu di Twitter pada 9 Januari 2021.

Dalam kicauannya, Barack Obama mengaku senang bisa memiliki akun Twitter. Sebab, dengan media sosial yang satu ini, dia bisa berinteraksi dengan jutaan orang di seluruh dunia.

Begini narasi Barack Obama dalam tangkapan layar:

"Sungguh, saya suka memiliki akun Twitter. Ini membuat saya terhubung dengan jutaan orang, untuk mengungkapkan perasaan dan pandangan saya, mengetahui bahwa semua media besar dan pemimpin dunia membaca kata-kata ini, bahwa kata-kata itu direkam untuk anak cucu. Betapa hebatnya itu?"

Tangkapan layar itu pun ramai dibicarakan oleh netizen. Bahkan, ada yang menyebut kalau kicauan itu seperti meledek Donald Trump yang akunnya sudah menghilang dari Twitter.

Lalu, benarkah tangkapan layar itu merupakan kicauan asli dari Barack Obama yang bernada meledek untuk Donald Trump? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Video Barack Obama Buka Tirai Bergambar Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar

Beredar di media sosial postingan video mantan Presiden AS, Barack Obama membuka tirai berisi gambar Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 15 November 2023.

Dalam postingannya terdapat video Obama sedang membuka tirai bergambar pasangan Anies dan Muhaimin disertai narasi:

"Barak Obama Ja pilih Amin apalagi rakyat Indonesia. Alhamdulillah Obama dukung Amin"

Akun itu menambahkan narasi "Barak Obama aja memilih Amin dan Anis..."

Lalu benarkah postingan video mantan Presiden AS, Barack Obama membuka tirai berisi gambar Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini