Sukses

Kumpulan Video Hoaks Terkini, Kenali Biar Tak Terkecoh

Agar tak terkecoh oleh video hoaks sebaiknya kita lebih selektif dalam ketika medapati informasi

Liputan6.com, Jakarta- Video hoaks beredar di media sosial dengan beragam isu, kondisi ini harus diwaspadai sebab informasi palsu tersebut sulit dibedakan keasliannya.

Agar tak terkecoh oleh video hoaks sebaiknya kita lebih selektif dalam ketika medapati informasi, pastikan kebenarannya terlebih dahulu sebelum mempercayainya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap sejumlah video hoaks, setelah melakukan penelusuran pada sejumlah video yang beredar di media sosial.

Berikut kumpulan video hoaks terkini.

Video Tentara Hamas Terjun Payung Mendarat di Israel

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video tentara Hamas terjun payung mendarat di Israel, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 15 Oktober 2023.

Klaim video tentara Hamas terjun payung mendarat di Israel menampilkan sejumlah parasut di udara yang bawahnya terdapat gedung.

Kemudian tayangan tersebut berubah menampilkan sejumlah orang mengenakan parasut mendarat di tengah keramaian terlihat ada anak dan wanita dalam keraian tersebut.

Dalam video tersebut terdapat tulisan

"PUBG Palestine

Judul map: Israel

Luas Map : 22.145 Km

Spoting Lootingan: Tel Aviv

The Real PUBG in Palestine"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut "tentara Hamas terjun payung".

Benarkah klaim video tentara Hamas terjun payung mendarat di Israel? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

Video Pembalasan Palestina ke Israel

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video pembalasan Palestina kepada Israel, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 21 Oktober 2023.

Unggahan klaim video pembalasan Palestina kepada Israel menampilkan suasana cahaya berwarna merah, terlihat percikan api dan asap putih di antara bangunan.

Video tersebut diawali dengan tulisan

"PEMBALASAN PALESTINA KEPADA ISRAEL"

"HANYA 1 MENIT, TOLONG JANGAN DI SKIP"

Benarkah klaim video pembalasan Palestina kepada Israel? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

Video Menara Masjid Al Aqsa Ditembaki Tentara Israel

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video menara Masjid Al Aqsa ditembaki tentara Israel, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 21 Oktober 2023.

Klaim video menara Masjid Al Aqsa ditembaki tentara Israel menampilkan sebuah bangunan tinggi berbentuk silinder mengeluarkan asap putih, dalam video tersebut terdengar suara ledakan dan terlihat asap putih.

Dalam video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"MENARA MASJIDIL AQSHA DI TEMBAKI ISRAEL"

ALLAHU AKBAR MENARA MASJID ALAQSOH PALESTINA DI TEMBAKI PARA TENTARA ISRAEL NAMUN MENARA TERSEBUT TETAP BERDIRI KOKOH"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Kuasa ilahi menara mesjidil Aqsa di tembaki Israel namun menara itu Mash tetap berdiri kokoh walaupun Israel menggunakan rudal"

Benarkah klaim video menara Masjid Al Aqsa ditembaki tentara Israel? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berikut ini.....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Dokter Terawan Promosikan Pengobatan Prostatitis

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Dokter Terawan promosikan pengobatan prostatitis, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 20 Oktober.

Klaim video Dokter Terawan promosikan pengobatan prostatitis berupa video yang menampilkan Dokter Terawan yang mengenakan kemeja putih dengan bagian kerah bercorak sedang berbicara, dengan transkrip sebagai berikut.

"Prostatitis di Indonesia pada tahun 2023 telah memecahkan rekor, ini lebih dari sekedar penyakit ketidaknyamanan potensi sering buang air kecil, tubuh Anda mengirimkan sinyal bahaya di bawah bimbingan saya solusi alami untuk masalah ini telah dikembangkan prostanore adalah kesempatan anda untuk melawan prostatitis secara eksklusif di situs web kami dengan biaya pokok jaga kesehatan mu"

Dalam video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"Jika Anda Memiliki Masalah Prostatitis DAN SERING BUANG AIR KECIL-SEGERA BACA"

Benarkah klaim video Dokter Terawan promosikan pengobatan prostatitis? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

3 dari 4 halaman

Video Presiden Jokowi Berpidato Menggunakan Bahasa Mandarin

Beredar di media sosial postingan video Presiden Jokowi sedang berpidato menggunakan bahasa Mandarin. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 26 Oktober 2023.

Dalam postingannya terdapat video Presiden Jokowi sedang berpidato menggunakan bahasa mandarin berdurasi 1 menit 21 detik. Postingan itu disertai narasi:

"Pak Jokowi, bahasa Mandarin nya, bukan kaleng kaleng"

Lalu benarkah postingan video Presiden Jokowi sedang berpidato menggunakan bahasa Mandarin? Simak hasil penelusurannya di sini....

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.