Sukses

6 Hoaks Sepekan, Kenali Biar Tak Jadi Korban

Agar tidak menjadi korban, simak kumpulan hoaks yang beredar dalam sepekan

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks menjadi salah satu hal yang kita perlu waspadai ketika menggunakan media sosial, sebab informasi palsu tersebut dapat menyesatkan hingga berujung merugikan.

Untuk menghindarinya kita perlu mengetahui hoaks apa saja yang sedang beredar, selain itu juga bisa memantau lewat hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

Agar tidak menjadi korban, simak kumpulan hoaks yang beredar dalam sepekan.

1. Video Ini Pembalasan Palestina ke Israel

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video pembalasan Palestina kepada Israel, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 21 Oktober 2023.

Unggahan klaim video pembalasan Palestina kepada Israel menampilkan suasana cahaya berwarna merah, terlihat percikan api dan asap putih di antara bangunan.

Video tersebut diawali dengan tulisan

"PEMBALASAN PALESTINA KEPADA ISRAEL"

"HANYA 1 MENIT, TOLONG JANGAN DI SKIP"

Benarkah klaim video pembalasan Palestina kepada Israel? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

2. Video Presiden Jokowi Berpidato Menggunakan Bahasa Mandarin

Beredar di media sosial postingan video Presiden Jokowi sedang berpidato menggunakan bahasa Mandarin. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 26 Oktober 2023.

Dalam postingannya terdapat video Presiden Jokowi sedang berpidato menggunakan bahasa mandarin berdurasi 1 menit 21 detik. Postingan itu disertai narasi:

"Pak Jokowi, bahasa Mandarin nya, bukan kaleng kaleng"

Lalu benarkah postingan video Presiden Jokowi sedang berpidato menggunakan bahasa Mandarin? Simak hasil penelusurannya di sini....

 

3. Beras Terbuat dari Plastik Beredar di Binjai

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim adanya peredaran beras terbuat dari plastik di Binjai, Sumatera Utara. Hoaks ini beredar sejak dua pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 7 Oktober 2023.

Dalam postingannya terdapat video seorang wanita yang sedang membanting beras dan memantul saat dibanting ke lantai. Video itu disertai narasi:

"Warga Binjai sangat kecewa, beli beras murah dari pemerintah diduga terbuat dari plastik"

Akun itu juga menambahkan narasi "Kabulog wilayah Sumatra Utara mohon klarifikasinya...saya banyak beli beras kemaren di Berngam untuk stuck sebulan....klo benar ada nya mohon tanggung jawab nya sebagai penanggung jawab dalam penyaluran nya di kita Binjai ini...."

Lalu benarkah postingan yang mengklaim adanya peredaran beras terbuat dari plastik di Binjai, Sumatera Utara? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hoaks Berikutnya

4. Video Pendukung Anies Baswedan Marah Akibat Tertipu Doorprize

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video pendukung Anies Baswedan marah karena tertipu doorprize, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 18 Oktober 2023.

Unggahan klaim video pendukung Anies Baswedan marah karena tertipu doorprize ini diawali dengan menampilkan seorang sedang memegang benda berupa lembaran berbentuk persegi panjang.

Pada lembaran tersebut terdapat tulisan "MLAKU BARENG" dibawah tulisan tersebut terlihat foto pasangan Capres dan Cawapres Anies Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar atau Anies-Muhaimin yang dibawah foto tersebut terdapat tulisan "ANIES & MUHAIMIN".

Kemudian tayangan video dilanjutkan dengan menampilkan sejumlah orang sedang berjalan, seorang perempuan mengenakan baju biru dan kerudung merah dalam video dtanyakan tentang tanggapan acara yang diikutinya dalam vidoe tersebut.

Wanita itu pun mengungkapkan kekecewaan terhadap acara yang diikutinya karena tidak kebagian kupon dan menuding kupon tersebut diambil panitia.

Berikut percakapannya.

Penanyak

"Bu bagaimana perasaan ibu yang tidak dapat kupon?"

Ibu berkerudung merah:

"Kecewa, nyesal ikut berjalan, acara ini acara tai, kupon banyak digondol panitia kami semua nggak dapat, panitia semua yang dapat kupon"

Dalam video tersebut pun terdapat tulisan

"Door prize Anies ternyata tipu2, para pendukung marah 2"

Benarkah klaim video pendukung Anies Baswedan marah karena tertipu doorprize? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

5. Luhut Binsar Padjaitan Mundur dari Jabatan Menteri

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Luhut Binsar Padjaitan mundur dari jabatan menteri, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 13 Oktober 2023.

Unggahan klaim Luhut Binsar Padjaitan munudur dari jabatan menteri menampilkan tangkapan layar artikel situs Tribun Pontianak.co.id berjudul "Alasan Luhut Resmi Mundur jadi Menteri Jokowi".

Dalam tangkapan layar tersebut terdapat waktu tayang yaitu Rabu, 11 Oktober 2023 pukul 15.47 WIB. Klaim tersebut pun disertai dengan foto Luhut mengenakan baju putih.

Tangkapan layar tersebut disertai dengan keterangan sebagai berikut.

"Copas Dari NICO SILALAHI..Mari Kita Aamiinkan.. 🤲🤲

Udah Resmi Rupanya Si luhut Mundur. Semoga di segerakan Jokowi Lengser. Lagian Prestasi Jokowi Itu Hanya Mampu Menghasilkan Swasembada Utang Plus Membuat Dinasty Kekuasaan Serta Mengusir Rakyat Dari Tanah Ulayatnya Sendiri.

Mari Kita Saksikan Karya Pemilik Semesta...

Note: Mungkin Karena Sakit Yg Di Derita nya Sehingga Bertaubat Terlalu Bnyk Dosa.."

Benarkah klaim Luhut Binsar Padjaitan munudur dari jabatan menteri? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

6. Foto Baliho Masyarakat NTT Mendukung Prabowo Sebagai Capres dan Jan Ethes Sebagai Cawapres

 

 <p>Cek Fakta baliho Prabowo- Jan Ethes di NTT.</p>

Beredar di media sosial postingan foto baliho masyarakat NTT mendukung Prabowo Subianto sebagai Capres dan putra Gibran Rakabuming Raka, Jan Ethes sebagai Cawapres. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 23 Oktober 2023.

Dalam postingannya terdapat foto Prabowo dan Jan Ethes dengan narasi sebagai berikut:

"Masyarakat NTT mendukung Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden dan Jan Ethes sebagai Calon Wakil Presiden"

Akun itu menambahkan narasi:

"Tahun depan MK Akan mengesahkan batas usia capres dan cawapres minimal bisa maju usia Jan ethes , dan batas Maximal 110 th seusia bapaknya eyang WOWO ,Selamat sore INDONESIA ,,, Kena PRANK ,,,"

Lalu benarkah postingan foto baliho masyarakat NTT mendukung Prabowo Subianto sebagai Capres dan Jan Ethes sebagai Cawapres? Simak penelusurannya di sini...

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.