Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar Badai, dari Video Petir di Israel hingga Cuaca Panas Equinox

Hoaks seputar badai mengiringi peristiwa yang sedang terjadi

Liputan6.com, Jakarta- Badai menjadi fenomena alam yang dikhawatirkan, sebab dapat menimbulkan kerugian harta benda bahkan hilangnya nyawa.

Peristiwa badai tidak luput dari hoaks, hal ini pun telah terbukti berdasarkan hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com pada sejumlah informasi viral.

Berikut kumpulan hoaks seputar badai.

Video Badai Petir di Israel

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video badai petir di Israel, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 18 Oktober 2023.

Unggahan klaim video badai petir di Israel menampilkan langit mendung dengan awan kelabu yang menggulung kemudian terlihat derasnya air yang turun dari langit. Kemudian dilanjutkan dengan tamoilan suasan pemukiman yang juga diguyur air.

Dalam video tersebut terdapat tulisan

"Israel Today

17 October 2023

Badai di Israel

Mengerikan !

Badai serta Petir di Israel"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Badai petir di Isr4hell"

Benarkah klaim video badai petir di Israel? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ikan Hiu Nyangkut di Tiang Listrik karena Badai Laura

Hoaks ikan hiu nyangkut di tiang listrik karena badai laura. (Facebook/Tyrone Williams)

Media sosial Facebook dihebohkan dengan foto unggahan akun Reddit combatpaddler. Akun itu menyebutkan ada ikan hiu yang menyangkut di tiang listrik akibat Badai Laura.

Begini narasi yang dibuat akun combatpaddler untuk ikan hiu menyangkut di tiang listrik:

"Kekuatan gila dari Badai Laura. Hiu di kabel listrik."

Foto tersebut kemudian viral di Facebook. Salah satu akun Facebook yang mengunggah foto tersebut adalah Tyrone Williams dengan narasi sebagai berikut:

"Semua orang mengira ini merupakan film, tidak akan pernah terjadi. Namun, tornado hiu itu nyata!!"

Lalu, benarkah ada ikan hiu yang menyangkut di tiang listrik karena Badai Laura? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini......

 

 

3 dari 4 halaman

Indonesia Dilanda Badai Panas Equinox di Tengah Pandemi COVID-19

Kabar tentang badai panas equinox melanda Indonesia saat pandemi virus corona COVID-19 beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Heru Budi Samiaji pada 18 Mei 2020. Akun Facebook Heru Budi Samiaji mengunggah narasi di yang menyebut badai equinox menyebabkan kenaikan suhu udara mencapai 41 derajat Celcius.

"COVID 19INDONESIABADAI PANAS EQUINOX...

*PERINGATAN BADAI PANAS EQUINOX.....*

Mulai hari ini 17/05/2020... ke depan Suhu rata2 di seluruh kota di Indonesia akan sampai ke 41 derajat celcius dikarenakan matahari akan tepat melintasi garis Equator...

Masyarakat seluruh Indonesia diminta tetap tinggal di rumah saja karena jika berada dan beraktivitas di luar rumah tanpa sadar akan mudah terserang dehidrasi yg luar biasa...

Terutama di antara jam 9 pagi sd dgn jam 13.00...

Disarankan masyarakat umum untuk sesering mungkin membasahi tubuh dgn air agar terhindar dari dehidrasi...

Disarankan 5 hari ke depan banyak minum air putih di waktu buka dan sahur serta makan buah dan sayur sayuran...

Semoga bermanfaat untuk membunuh virus corona... 👍💪🏻😷," tulis akun Facebook Heru Budi Samiaji.

Benarkah badai panas equinox melanda Indonesia? Simak hasil penelusurannya di sini..

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.