Sukses

Cek Fakta: Disinformasi Ikan Hiu Nyangkut di Tiang Listrik karena Badai Laura

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial Facebook dihebohkan dengan foto unggahan akun Reddit combatpaddler. Akun itu menyebutkan ada ikan hiu yang menyangkut di tiang listrik akibat Badai Laura.

Begini narasi yang dibuat akun combatpaddler untuk ikan hiu menyangkut di tiang listrik:

"Kekuatan gila dari Badai Laura. Hiu di kabel listrik."

Foto tersebut kemudian viral di Facebook. Salah satu akun Facebook yang mengunggah foto tersebut adalah Tyrone Williams dengan narasi sebagai berikut:

"Semua orang mengira ini merupakan film, tidak akan pernah terjadi. Namun, tornado hiu itu nyata!!"

Lalu, benarkah ada ikan hiu yang menyangkut di tiang listrik karena Badai Laura?

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk menelusuri kebenaran foto tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menggunakan pencarian gambar terbalik, Google Images. Hasil penelusuran mengarah ke situs gofundme.com.

 

Dijelaskan dalam artikel berjudul: "Fisherman's bad luck" foto itu memang asli. Namun dalam artikel tersebut, penyebab ikan hiu ada di tiang listrik bukan karena Badai Laura.

"Setelah hari yang panjang untuk bekerja, menangkap ikan, nelayan kehilangan perahu, motor, dan hasil tangkapannya. Sebab, kapal mereka terlempar ke sisi jembatan," begitu bunyi caption foto yang ada di gofundme.com.

Hasil penelusuran Google Image juga mengarahkan ke situs snopes.com dengan judul: "Does a Photo Show Sharks on a Power Line After Hurricane Laura?". Artikel itu sudah dipublikasikan pada 22 September 2020.

Pada artikel tersebut, dijelaskan kalau ikan hiu itu berada di tiang listrik karena kecelakaan lalu lintas di Alabama, Amerika Serikat yang terjadi pada 31 Agustus 2020. Kecelakaan itu terjadi beberapa hari setelah Badai Laura, yang melanda beberapa wilayah di Amerika Serikat, reda pada tanggal 29 Agustus 2020.

Penyebab sebenarnya dari insiden tersebut adalah kecelakaan yang terjadi di jembatan Dog River, di mana sebuah perahu nelayan jatuh dan menyebabkan muatan perahu tumpah ke jalan di bawahnya, termasuk beberapa ekor ikan hiu yang tersangkut di tiang listrik tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Informasi yang menyebut ikan hiu menyangkut di tiang listrik karena Badai Laura merupakan disinformasi. Faktanya, foto ikan hiu yang tersangkut di tiang listrik tidak disebabkan oleh Badai Laura, tetapi karena kecelakaan yang terjadi di jembatan Dog River, di mana sebuah perahu nelayan jatuh dan muatan perahu tumpah ke jalan di bawahnya.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.