Sukses

Ragam Peristiwa Mancanegara Dijadikan Bahan Hoaks, dari Nigeria hingga Kanada

Simak kumpulan hoaks seputar peristiwa mancanegara hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Peristiwa di berbagai negara menarik untuk diikuti, namun terkadang hal tersebut dijadikan bahan hoaks oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Agar tidak terjerumus oleh hoaks, sebaiknya kita lebih selektif ketika medapat informasi. Dengan memastikan kebenaran informasi yang didapat sebelum mempercayainya.

Untuk memastikan kebenaran informasi tersebut, bisa dengan memantau hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halam berikut ini...

Simak kumpulan hoaks seputar peristiwa mancanegara hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Mantan Gubernur Nigeria Dihukum Cambuk karena Korupsi

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video mantan Gubernur Nigeria dihukum cambuk karena korupsi, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 2 Agustus 2023.

Unggahan klaim mantan Gubernur Nigeria dihukum cambuk karena korupsi menampilkan seorang yang tidak mengenakan baju diikat dipohon kemudian ada sejumlah orang yang menyabet badan orang yang diikat tersebut.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Ini di Siberia Bro 👌

*Mantan Gubernur Nigeria tersandung kasus korupsi , sedang dihukum cambuk dan dimiskinkan . Semoga mantan para KORUPTOR & PENGKHIANAT Konstitusi di Indonesia mendapat hukuman yang setimpal dari rakyat Indonesia !!!*

#HukumMatiParaKoruptor,🔥🔥🔥"

Benarkah klaim video mantan Gubernur Nigeria dihukum cambuk karena korupsi? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berikut ini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video China Hancurkan Masjid di Ethiopia

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video China menghancurkan masjid di Ethiopia, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 19 Juli 2023.

Unggahan klaim video China menghancurkan masjid di Ethiopia menampilkan sebuah foto sejumlah orang sedang berduduk mengadap ke sebuah bangunan dan menara. Video kemudian dilanjutkan dengan tayangan rubuhnya sebuah menara berwarna hijau yang disaksikan sejumlah orang. Video berikutnya menampilkan sejumlah orang sedang berada di jalan.

Dalam video terdapat narasi tulisan sebagai berikut.

"PENGHANCURAN MASJID BESAR-BESARAN

Muslim Ethiopia mencoba Melindung masjid mereka

Pemerintah Ethiopia telah mulai menghancurkan banyak Masjid dalam beberapa hari terakhir

mereka sudah Merobohkan 20 Masjid lebih di Ethiopia

Sama seperti di China, umat Islam di sana juga ikut Melindungi Masjid mereka

Tapi Aksi Protes yang mereka lakuka tidak disabuk Baik oleh Aparat disana

Mereka ditembagi gas Air mata agar menjauh dari Masjid yang ingin mereka lindungi

Penghancuran Masjid-masjid ini dikarenakan Pemerinta disana ingin membangun Kota Baru

Kota baru yang disebut Sheger City akan seger di Bangun di Pinggiran Ibu Kota Addis Ababa yang mana disana telah ditempati Ribuan rumah warga

Yang mana pemerintah Ethiopia segera menghancurkan semua Rumah dan Masjid yang Berdiri disana, dan membuat Ribuan orang menjadi Tunawisma

pemerintah mengklaim bahwa Masjid-masjid tersebut dibangun "secara ilegal"

meskipun beberapa Rumah dan Masjid sudah ada di sana selama lebih dari satu Dekade dan memiliki surat-surat yang Lengkap, namun tetap saja semua itu mereka hancurkan

beberapa orang tewas dan puluhan lainnya terluka saat mereka memprotes pemerinyah agar menghentikan penghancuran masjid mereka."

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"*CHINA KOMUNIS BIADAB DI- ETHIOPIA*"

Benarkah klaim video China menghancurkan masjid di Ethiopia? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

3 dari 4 halaman

Video Helikopter Memulai Kebakaran Hutan di Kanada

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video helikopter sedang memulai kebakaran hutan di Kanada. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 9 Juni 2023.

Unggahan klaim video helikopter sedang memulai kebakaran hutan di Kanada menampilkan sebuah helikopter sedang terbang sambil menjatuhkan api pada pepohonan yang ada di bawahnya.

Dalam video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"Helicopter starting a fire in Canada!

Wht are they burning down Canada?"

Dalam video tersebut terdapat narasi seperti berikut.

"so apparently what we have here some amateur drone footahe out of Canada in a restricted area that people were not allowed to go. somebody dlew a drone in there and what you can see is helicopter going around

looks like it's interntionally statrting some fire there canada

there's almost 150 individual wildfires, going on currently Canada as we speak"

Benarkah klaim video helikopter sedang memulai kebakaran hutan di Kanada? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.