Sukses

Kementerian Kesehatan Sebut Kabar Menkes Umumkan Produk Penurun Berat Badan Hoaks

Beredar informasi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan penemuan produk penurun berat badan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan menyatakan, informasi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan penemuan produk penurun berat badan adalah hoaks.

Informasi Menkes umumkan penemuan produk penurun berat badan tersebut merupakan unggahan salah satu akun Facebook, pada 19 Juli 2023.

Unggahan klaim video menampilkan Budi Gunadi Sadikin sedang berbicara diiringi dengan narasi suara sebagai berikut.

"Halo saya Budi Gunadi Saya ingin memberitahukan kepada anda sebuah rahasia penting yang saya pelajari belum lama ini tapi saya terkejut bahwa kita bisa melakukan hal ini.

Dr Gaga Irawan Nugraha telah menemukan sebuah formula inovatif yang dapat membantu anda menurunkan berat badan berlebih untuk selamanya.

Duta dari formula ini adalah seorang tokoh populer Okky Lukman dia membuktikan bahwa ini akan dan tanpa efek samping negatif yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah pergi ketakutan di bawah ini dan membaca dan memesan formula ini hanya anda yang melihat video saya dan himbauan saya buka tautan di bawah ini dan Klik tombol biru atau tombol baca lebih lanjut."

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Saya telah mempelajari informasi ini di situs ini dan itu mengejutkan saya, berapa banyak orang yang akan terbantu oleh produk ini, hanya tujuh hari untuk menghilangkan kelebihan berat badan tanpa mengganggu dan tanpa efek samping, ikuti tautannya dan klik tombol info lebih lanjut."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantahan Pihak Kementerian Kesehatan

Kementerian Kesehatan pun membantah klaim Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan penemuan produk penurun berat badan, lewat akun Instagram resmi Kementerian Kesehatan @kemenkes_ri, yang diunggah pada 23 Juli 2023.

Akun Instagram Kementerian Kesehatan @kemenkes_ri mengunggah potongan gambar Budi Gunadi yang identik dengan klaim video kemudian dilabeli tulisan "HOAKS".

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"#Healthies, beredar hoaks di akun media sosial facebook tentang sokongan Menteri Kesehatan terhadap suatu produk yang di klaim dapat menurunkan berat badan tanpa efek samping.

Faktanya, Menteri Kesehatan maupun Kementerian Kesehatan tidak pernah mengendorse produk apapun di media sosial.

Healthies, hati hati dengan berita palsu!

Selalu pastikan mencari informasi dari sumber yang terpercaya

Salam sehat".

 

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.