Sukses

Ragam Hoaks Seputar Kapal Titanic, Simak Faktanya

Hoaks bisa muncul dalam beragam tema tak terkecuali yang terkait dengan kapal Titanic yang tenggelam tahun 1912.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks bisa muncul dalam beragam tema tak terkecuali yang terkait dengan kapal Titanic yang tenggelam tahun 1912. Hoaks ini beredar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar kapal Titanic? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar The Simpsons Prediksi Tenggelamnya Kapal Selam Titan

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim kartun The Simpsons telah memprediksi tenggelamnya kapal selam Titan. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 23 Juni 2023.

Dalam postingan itu terdapat potongan gambar akun The Simpson yang menampilkan Homer Simpsons sedang menuju ke bangkai kapal laut lalu terjebak dan oksigennya habis. Postingan itu disertai narasi:

"The Simpsons benar-benar meramalkan insiden kapal selam titanic

Wow... Prediksi The Simpson memukul lagi

Sebuah benang pendek"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim kartun The Simpsons telah memprediksi tenggelamnya kapal selam Titan? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Setelah 23 Tahun, Benarkah Tubuh Pemeran Utama Wanita Film Titanic Membesar?

Sebuah channel YouTube, BIG STAR-X, membuat perbedaan wajah pemeran film Titanic di tahun 1997. Cuplikan video dengan durasi 3 menit dan 46 detik itu menampilkan wajah seluruh pemain Titanic.

Saluran YouTebe itu menampilkan wajah pemeran utama Titanic di tahun 1997. Kemudian dibandingkan dengan wajah para aktor di tahun 2020.

Tampilan dimulai dari aktris Fracer Fisher yang terlihat awet muda, hingga meninggal dunia di tahun 2020. Namun ketika Kate Winslet, pemeran tokoh utama film Titanic ditampilkan, badannya terlihat sangat besar di tahun 2020.

Tubuh Kate Winslet di tahun 2020 dipenuhi dengan lemak yang berada di area pinggang ke bawah. Terlihat berbeda jauh di tahun 1997 dengan tubuh yang masih langsing.

Lalu, benarkah tubuh Kate Winslet, toloh utama di film Titanic pada tahun 2020 menjadi gemuk? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Benarkah Kamera Tua Ini Ungkap Detik-Detik Tenggelamnya Titanic? Simak Penelusurannya

Beredar unggahan di media sosial Facebook yang mengklaim penemuan kamera tua di lautan dalam. Penemuan ini diklaim sebagai detik-detik tenggelamnya kapal Titanic di Samudra Atlantik Utara.

Salah satu akun Facebook yang mengunggah klaim penemuan kamera tua dari foto kapal Titanic adalah My Blog Rosalinde. Begini narasi yang dia buat:

"Old Camera Found In The Deep Ocean Reveals Horrifying Titanic Photos"

Bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi:

"Kamera lama ditemukan di lautan dalam terungkap dari foto Titanic yang mengerikan."

Postingan itu diunggah pada 24 Oktober 2020. Lalu, benarkah klaim tersebut? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini