Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Program Donasi Daging Manusia untuk Atasi Perubahan Iklim

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim program donasi daging manusia untuk mengatasi penyebab perubahan iklim.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim program donasi daging manusia untuk mengatasi penyebab perubahan iklim. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 8 Juni 2023.

Unggahan klaim program donasi daging manusia untuk mengatasi penyebab perubahan iklim tersebut berupa tulisan sebagai berikut.

"Selamat datang di Proyek Daging Manusia, kami adalah program donasi daging manusia. Dengan menyumbangkan tubuh untuk konsumsi manusia, kami mengambil tindakan untuk mengatasi kelebihan populasi, yang menyebabkan perubahan iklim dan efek rumah kaca yang disebabkan oleh peternakan massal hewan ternak untuk memberi makan dunia..😬

⚠️It's real⚠️beware⚠️

Dengan mencantumkan situs humanmeatproject.com sebagai lembaga yang menjalankan program donasi daging manusia.

Benarkah klaim program donasi daging manusia untuk mengatasi penyebab perubahan iklim? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim program donasi daging manusia untuk mengatasi penyebab perubahan iklim dengan mengunjungi situs humanmeatproject.com, dalam syarat dan ketentuan  situs tersebut menyebutkan situs web The Human Meat Project murni proyek seni konseptual dan tidak akan diperankan dalam kehidupan nyata.

Proyek dan situs web (www.humanmeatproject.com) berisi halaman yang menampilkan informasi tentang proyek seni, informasi peserta/donatur, syarat dan ketentuan, hak persetujuan dan hak privasi, tetapi keberadaan halaman ini di Situs Web atau formulir Kertas tidak tidak dan tidak dimaksudkan untuk bertindak dalam kehidupan nyata atau dengan sengaja/berusaha untuk melanggar PBB dan undang-undang konstitusi hukum yang ada di seluruh dunia.

Proyek Daging Manusia adalah proyek seni konseptual untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya menerima kebijakan dan perjanjian layanan apa pun.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Fact check: Human Meat Project is ‘conceptual art,’ not a real service" yang dimuat situs usatoday.com, pada 14 Desember 2022.

Situs Usatoday.com menyebutkan, proyek Daging Manusia adalah proyek seni konseptual untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya menerima kebijakan dan perjanjian layanan apa pun.

Museum Seni Modern di New York menggambarkan seni konseptual sebagai seni yang menekankan "gagasan di atas objek dan material". Ini sering dikaitkan dengan seni pertunjukan.

Situs web Human Meat Project menyertakan halaman yang memungkinkan siapa saja untuk mendaftar dengan memberikan informasi pribadi, tetapi menurut syarat dan ketentuan situs, informasi tersebut dimaksudkan untuk membantu seniman mendapatkan lebih banyak wawasan dan memberikan karya seni konseptual yang lebih nyata yang mungkin beresonansi dengan khalayak umum, terlepas dari pengetahuan seni mereka sebelumnya.

Sumber:

https://humanmeatproject.com/about-us/

https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2022/12/14/fact-check-human-meat-project-conceptual-art-not-real-service/10887490002/

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com klaim program donasi daging manusia untuk mengatasi penyebab perubahan iklim tidak benar.

Proyek Daging Manusia hanya menyediakan karya seni konseptual. Proyek dan situs web (www.humanmeatproject.com) berisi halaman yang menampilkan informasi tentang proyek seni.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.