Sukses

Hoaks Seputar Peristiwa di Indonesia, Simak Daftarnya

Berikut kumpulan hoaks seputar peristiwa di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta- Informasi seputar peristiwa yang terjadi di Indonesia kerap beredar di tengah masyarakat, namun terkadang kabar yang dibagikan tersebut ternyata hoaks.

Cek Fakta Liputan6.com telah menelusuri sejumlah informasi seputar peristiwa yang terjadi di Indonesia, hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks seputar peristiwa di Indonesia.

Video Jalan di Indonesia Mendidih Akibat Cuaca Panas

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video jalan di Indonesia mendidih akibat cuaca panas, informasi tersebut diunggah pada 13 Mei 2023.

Klaim video jalan di Indonesia mendidih akibat cuaca panas menampilkan seorang memegang kamera sedang merekam jalan dengan aspal yang mengeluarkan asap dan buih air.

Dalam video tersebut terlihat kemacetan kendaraan dan beberapa orang yang sedang melihat peristiwa aspal yang mengeluarkan asap dan buih air pada beberapa titik.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Merebus air aspal di jalan raya di indonesia. Cuaca yang sangat panas."

Benarkah klaim video jalan di Indonesia mendidih akibat cuaca panas? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Foto Ratusan Orang Pingsan Antre Jam Tangan Pintar di Mal Indonesia

<p>Cek fakta antre jam tangan pintar di mal hingga pingsan</p>

Beredar di media sosial postingan foto yang diklaim ribuan orang mengantre hingga pingsan untuk membeli jam tangan pintar di sebuah mal di Indonesia. Postingan ini beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 26 Januari 2023.

Berikut isi postingannya:

"Tim penyelamat harus menyelamatkan ratusan orang dari Indonesia Mall. Saat ribuan orang mengantri untuk membeli jam tangan pintar Jepang ini, kekurangan oksigen menyebabkan banyak orang pingsan."

Lalu benarkah postingan foto yang diklaim ribuan orang mengantre hingga pingsan untuk membeli jam tangan pintar di sebuah mal di Indonesia? Simak hasil penelusurannya di sini...

3 dari 4 halaman

Rakyat China Berbondong-bondong Masuk Indonesia

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video rakyat China berbondong-bondong masuk Indonesia. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 2 Februari 2023.

Klaim video rakyat China berbondong-bondong masuk Indonesia menampilkan sekelompok orang mengenakan baju coklat mengenakan rompi hitam dan helem sedang berbaris dengan latar belakang pesawat maskapai Lion Air.

Dalam video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"mereka pendatang.

dari mana ya?kemaren jam 9 malem soetta, benarkah itu?

pada kemana ya petugas keamanan kita?"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"INDONESIA

Kalau Alam sudah bertindak atas perintah Allah... Selesai semua...

Sekarang Rakyatnya sedang di Tidurkan, Di buatkan Alat yg bisa membuat seluruh rakyatnya tertipu dgn sosial Media, Di Buatkan Hiburan yg penuh lelucondan berbagai bnyak Video menarik di sosmed tersebar bahkan Konten2 yg seksi menggoda nafsu.

Mereka mencari² Cara bgaimna Supaya Rakyat Indonesia Tertidur pulas dim Dunia Digital ini.

Di Samping itu RAKYAT CHINA BERBONDONG-BONDONG MASUK KE INDONESIA ALASAN BEKERJA TAMBANG. PDAHAL MEREKA SUDAH MENGUASAI INDONESIA HAMPIR 80% Sukses selalu Pak Peresiden..

YG SAYA HAWATIRKAN BUKAN PRESIDENYA, TAPI PARA ULAMA DAN HABAIB YG ADA D INDONESIA, (di colek tuh...") SEMOGAH MEREKA baik² saja.

KRNA DEMI ALLAH INDONESIA TIDAK LAMA LAGI AKAN SPERTI PALESTINA. -----Ngapain Ini Datangnya Sebanyak Ini...??Apa Dan Kenapa..??Paham kan? Kalo gk paham lanjutkan molor nya... -----"

Benarkah klaim video rakyat China berbondong-bondong masuk Indonesia? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berikut ini...

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.