Sukses

Cek Fakta: Hoaks Kabar Justin Bieber Meninggal Dunia pada 7 Maret 2023

Beredar kabar hoaks Justin Bieber meninggal dunia pada 7 Maret 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Justin Bieber dikabarkan meninggal dunia pada 7 Maret 2023. Informasi tersebut disebarkan salah akun Facebook.

Akun Facebook tersebut mengunggah artikel berjudul "( RIP ) Justin Bieber died after crashing at over 100mph, coroner’s report reveals 7 .03.2023" yang dimuat situs citynewsjet.com.

Artikel tersebut juga memuat gambar Justin Beiber dengan tulisan Rest In Peace (RIP) dengan disandingkan gambar lilin.

"( RIP ) Justin Bieber died after crashing at over 100mph, coroner’s report reveals 7 .03.2023," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan dibagikan oleh warganet.

Benarkah Justin Bieber meninggal dunia pada 7 Maret 2023? Berikut penelusurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang Justin Bieber meninggal dunia pada 7 Maret 2023. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "justin bieber died" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Justin Bieber Death Hoax: The singer is still alive; Viral claim debunked" yang dimuat situs pinkvilla.com pada 12 Maret 2023.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa kabar tentang Justin Bieber meninggal dunia akibat jatuh dengan kecepatan 100mph pada 7 Maret 2023 adalah tidak benar. Justin Bieber justru tampil di depan publik pada hari yang sama.

Masih menurut laporana yang sama, penyanyi asal Kanada itu baru-baru ini merayakan ulang tahunnya yang ke-29 bersama teman dan keluarga.

Bernard Harvey, Billie Eilish, Kid Laroi, Jaden Smith, Leon Bridges, dan Don Toliver termasuk di antara mereka yang menghadiri pesta ulang tahun bertema Karnaval.

Dia juga membagikan korsel foto ulang tahun di media sosialnya. Penyanyi 'Peaches' berbagi foto dari perayaan di Instagram, di mana dia dan teman-temannya terlihat lebih bahagia dari sebelumnya, saling berpelukan di pesta tersebut.

 

Referensi:

https://www.pinkvilla.com/entertainment/hollywood/justin-bieber-death-hoax-the-singer-is-still-alive-viral-claim-debunked-1212256

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang Justin Biber meninggal dunia pada 7 Maret 2023 ternyata tidak benar alias hoaks. Tidak ada informasi valid yang memberitakan kabar tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.