Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto ini Megawati Restui Ganjar Maju Jadi Capres 2024

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri merestui Ganjar Pranowo menjadi calon presiden 2024 beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 1 Desember 2022.

Foto yang diunggah akun Facebook itu memperlihatkan Megawati tengah berfoto dengan putrinya yang juga politikus PDIP, Puan Maharani.

Megawati tampak memamerkan gambar Ganjar Pranowo bertuliskan "2024 Presiden" lewat ponselnya. Foto itu kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa Megawati telah merestui Ganjar maju sebagai capres 2024.

"MAKASIH BUNDA MEGA YANG UDAH RETUI PAK GANJAR BUAT RI SATU SMOGA TUHAN MERDHOINYA AMIN," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 63 kali direspons dan mendapat 7 komentar dari warganet.

Benarkah dalam foto itu Megawati telah merestui Ganjar jadi capres pada Pemilu 2024? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim Ketua Umum PDI, Perjuangan Megawati Soekarnoputri merestui Ganjar Pranowo menjadi calon presiden 2024.

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tersebut ke situs Google Images. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat foto serupa. Satu di antaranya artikel berjudul "Megawati Video Call Jokowi pada Hari Pertama Lebaran" yang dimuat situs cnnindonesia.com pada 2 Mei 2022.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs cnnindonesia.com.</p>

Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersilaturahmi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari pertama Lebaran Idulfitri 1443 Hijriah, Senin (2/5). Megawati dan Puan Maharani melakukan video call dengan Jokowi dan istrinya, Iriana Joko Widodo.Pemandangan tersebut diketahui dari postingan akun Instagram Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani @puanmaharaniri.

"Berlebaran ke rumah Mama, juga bersilaturahmi secara virtual dengan Presiden @jokowi & Ibu Negara," tulis Puan dikutip dari unggahannya tersebut.

"Semoga pada hari yang berbahagia ini, dapat semakin mempererat silaturahmi kita bersama, seluruh rakyat Indonesia," imbuhnya.

Megawati tampak mengenakan pakaian berwarna merah, sementara Puan mengenakan baju berwarna kuning. Megawati duduk sambil memegang ponsel yang masih terhubung dengan Jokowi dan Iriana di video call.

Selain itu, Megawati dan Puan juga bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Dalam foto yang diunggah Puan, terlihat hadir putra Megawati, Prananda Prabowo; putra Prabowo, Didit Prabowo; Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani, dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Puan merasa bersyukur saat ini sudah bisa bersilaturahmi kembali meski masih terbatas. Ketua DPP PDIP yang juga menjabat Ketua DPR mengaku sembari diskusi santai dengan Prabowo.

"Bersama Pak @prabowo diskusi santai, ikut merasakan kegembiraan rakyat Indonesia berlebaran tahun ini, setelah 2 tahun dalam kondisi pandemi covid-19 yang berat dan menantang," ujarnya.

 

Referensi:

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220502182404-32-792438/megawati-video-call-jokowi-pada-hari-pertama-lebaran

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri merestui Ganjar Pranowo menjadi calon presiden 2024 ternyata tidak benar.

Faktanya, foto tersebut merupakan momen Megawati saat video call dengan Jokowi pada hari pertama Idul Fitri 144 Hijriah. Foto yang diklaim Megawati merestui Ganjar jadi capres 2024 merupakan hasil rekayasa digital.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS