Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Jutaan Pendukung Sambut Anies Baswedan di Yogyakarta

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video jutaan pendukung menyambut Anies Baswedan di Yogyakarta. Kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim video jutaan pendukung menyambut Anies Baswedan di Yogyakarta menampilkan sejumlah orang yang memadati lokasi berada di ruang terbuka.

Dalam video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"Jogja lihat dr atas pendukung pak Anies jutaan masyarakat menyambut kedatangannya

para cebong kelojotan

sudah jelas dicintai Rakyatnya semua menginginkan pak Anies Baswedan for preiden 2024"

Benarkah klaim video jutaan pendukung menyambut Anies Baswedan di Yogyakarta? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video jutaan pendukung menyambut Anies Baswedan di Yogyakarta dengan menangkap layar untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image.

 

<p>Penelusuran klaim video jutaan pendukung menyambut Anies Baswedan di Yogyakarta</p>

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Congress leaders share Andhra festival crowd video as Bharat Jodo Yatra gathering" yang dimuat situs altnews.in, situs tersebut mengulas video yang identik dengan klaim.

 

 

<p>Penelusuran klaim video jutaan pendukung menyambut Anies Baswedan di Yogyakarta</p>

Situs altnews.in menyebutkan, orang berkumpul dalam video tersebut dalam rangka menghadiri festival lokal Pydithalli Sirimanu di Andhra Pradesh. India.

 

Sumber:

https://www.altnews.in/congress-leaders-shared-a-video-of-andhra-pradesh-festival-as-bharat-jodo-yatra/

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video jutaan pendukung menyambut Anies Baswedan di Yogyakarta tidak benar.

Orang berkumpul dalam video tersebut dalam rangka menghadiri festival lokal Pydithalli Sirimanu di Andhra Pradesh. India.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.