Sukses

Deretan Hoaks Terbaru Catut Indomaret: Bagi-Bagi Voucher Gratis hingga Uang Tunai

Sejumlah hoaks terkait bagi-bagi hadiah mencatut nama Indomaret, berikut rangkumannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah hoaks terkait bagi-bagi hadiah mencatut nama Indomaret beredar di media sosial. Satu di antaranya informasi Indomaret membagikan uang tunai sebesar Rp 13 juta.

Kabar tersebut disebarkan oleh akun Facebook yang mencatut nama Indomaret, yakni Indomaret FANS. Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klim bahwa Indomaret membagikan uang Rp 13 juta untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI.

Bagi konsumen atau masyarakat yang ingin mendapatkan uang tersebut, diminta untuk membuka tautan yang mengarah ke akun WhatsApp. Kemudian, mengirimkan pesan "PILIH SAYA" ke akun WhatsApp tersebut.

"Halo Semuanya Saya Antoni Salim CEO indomaret, Sebelum Hari Kemerdekaan tiba kami masih mencari seseorang untuk menjadi pemenang hadiah Sebesar Rp.13 jt, Hadiah akan diberikan kepada seseorang yang berhasil menulis 'PILIH SAYA" ! Sebelum tanggal 17 Agustus, Kami akan melakukan pengiriman ke rumah untuk yang dipilih! Langsung wa ke admin ya kaka biar bisa kami proses

🎁🥳👇👇👇👇

https://wa.me/message/NP24DP5PJZ5KO1," tulis akun Facebook Indomaret FANS.

Namun setelah ditelusuri, kabar tentang Indomaret membagikan uang tunai sebesar Rp 13 juta untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI ternyata tidak benar alias hoaks. Informasi tersebut diduga merupakan modus penipuan yang mencatut nama Indomaret.

Selain informasi Indomaret membagikan uang tunai sebesar Rp 13 juta untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI, terdapat beberapa hoaks lain yang catut nama Indomaret. Berikut rangkumannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indomaret Bagikan Voucher Gratis Rp 800 Ribu

Beredar lagi di aplikasi percakapan pesan berantai berisi Indomaret bagikan voucher gratis. Pesan berantai itu ramai dibagikan sejak akhir pekan ini.

Dalam pesan berantai tersebut Indomaret disebutkan akan membagikan 5000 voucher gratis bernilai Rp 800 ribu. Voucher itu dibagikan dalam rangka merayakan ulang tahun ke-32.

Berikut isi lengkap pesan berantai tersebut,

"Indomaret beri 5000 Gift Voucher gratis senilai Rp 800.000 untuk rayakan ultah ke-32 Dapatkan langkah-langkahnya:

Kunjungi situs web di bawah ini

Isi formulir data pribadi

Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp

Voucher dapat digunakan di seluruh gerai Indomaret

harap bagikan pesan ini kepada kerabat yang membutuhkan

https://meilumi.club/j/"

Setelah ditelusuri, pesan berantai yang menyebut Indomaret membagikan voucher dengan mengklik tautan tertentu adalah hoaks.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.