Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar Formula E Jakarta, Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Formula E akan digelar di Jakarta tidak lama lagi. Namun hoaks terkait Formula E masih saja muncul di masyarakat.

Lalu apa saja hoaks terkait Formula E Jakarta? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Foto Spanduk Bertuliskan "Masjid Ini Tidak Mensholatkan Jenazah Yang Tidak Membeli Tiket Formula E"

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan postingan foto spanduk dengan tulisan "Masjid ini tidak mensholatkan jenazah yang tidak membeli tiket formula E". Postingan ini beredar sejak beberapa hari lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 20 Mei 2022.

Dalam postingannya terdapat foto spanduk dengan tulisan "Masjid ini tidak mensholatkan jenazah yang tidak membeli tiket formula E"

Selain itu akun tersebut menambahkan narasi, "Ini mulai lagi pendukung si abas"

Lalu benarkah postingan foto spanduk dengan tulisan "Masjid ini tidak mensholatkan jenazah yang tidak membeli tiket formula E"? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini 212 Mart Jadi Sponsor Formula E

Sebuah foto yang diklaim 212 Mart jadi sponsor ajang balap Formula E Jakarta beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 30 April 2022 lalu.

Dalam foto tersebut terdapat ilustrasi mobil Formula E dan logo 212 Mart. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa 212 Mart merupakan sponsor dari ajang balap Formula E yang rencananya digelar pada 4 Juni 2022 mendatang di Jakarta.

":::sponsor formula E ,mulai berdatangan," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 16 kali direspons dan mendapat 4 komentar dari warganet.

Benarkah dalam foto itu 212 Mart jadi sponsor ajang balap Formula E di Jakarta? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Foto Ini adalah Sirkuit Formula E

Belakangan beredar informasi foto yang diklaim sirkuit Formula E sudah dibangun. Foto tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 8 November 2021.

Akun tersebut mengunggah sebuah foto yang diklaim merupakan sirkuit Formula E. Akun Facebook itu kemudian menambahkan narasi dalam unggahannya.

"Ternyata diam2 Wan Got Bangun Sirkuit formula-e.. benar2 Gubernur sholeh..inilah penampakanya," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut mendapatkan empat komentar dan disukai oleh 48 orang.

Benarkah dalam foto tersebut merupakan sirkuit Formula E? Simak dalam artikel berikut ini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.