Sukses

Informasi Salah Terkini Seputar Pengobatan Herbal, dari Nanas sampai Daun Kemangi

Liputan6.com, Jakarta- Informasi seputar pengobatan herbal memang bisa dijadikan alternatif untuk penyembuhan penyakit, namun ternyata tidak semua informasi tersebut terbukti kebenarannya.

Agar tidak salah mengkonsumsi obat herbal dan dapat memperburuk kondisi tubuh, sebaiknya kita memastikan terlebih dahulu informasi tersebut benar atau salah.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar pengobatan herbal, dari menyembuhkan sakit kulit hingga kanker. Hasilnya sebagian informasi tersebut terbukti salah.

Berikut kumpulan informasi salah seputar pengobatan herbal.

Air Rebusan Nanas Bisa Membunuh Sel Kanker

Klaim air rebusan buah nanas bisa membunuh sel kanker beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 20 Desember 2021.

Akun Facebook tersebut mengunggah sebuah video berisi narasi bahwa air rebusan nanas dapat membunuh sel kanker. Berikut narasinya:

 "Air Nanas Panas bisa menyelamatkan Anda seumur hidup.

Nanas Panas >< dapat membunuh sel kanker!

✓Potong 2-3 serpihan nanas tipis dalam secangkir, tambahkan air panas, itu akan menjadi "air alkali", minum setiap hari, itu baik untuk siapa saja.

✓Air Nanas Panas melepaskan zat anti kanker, yang merupakan kemajuan terbaru dalam pengobatan kanker yang efektif di bidang medis.

✓Sari buah nanas panas memiliki efek untuk membunuh kista dan tumor.

✓Air Nanas Panas dapat membunuh semua kuman dan racun dari dalam tubuh akibat dari alergi

✓Jenis pengobatan dengan ekstrak nanas hanya menghancurkan sel-sel ganas, itu tidak mempengaruhi sel-sel sehat.

✓Selain itu, asam amino dan polifenol nanas dalam jus nanas dapat mengatur tekanan darah tinggi, efektif mencegah penyumbatan pembuluh darah dalam, menyesuaikan sirkulasi darah dan mengurangi pembekuan darah.

Setelah membaca, beri tahu yang lain, keluarga & teman.

Jaga Kesehatanmu Sebelum Sakitmu Datang...!Semoga Bermanfaat," demikian narasi dalam video tersebut.

"ASSALAMUALAIKUM.. SAHABAT "VLUPH" 🌹," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 386 kali ditonton dan mendapat 456 komentar warganet.

Benarkah air rebusan buah nanas bisa membunuh sel kanker? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tepung Terigu Sembuhkan Luka Bakar

Kabar tentang tepung terigu bisa menyembuhkan luka bakar pada kulit kembali beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 9 Mei 2022 lalu.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klaim bahwa tepung terigu ampuh untuk menyembuhkan luka bakar pada kulit. Berikut isinya:

"Save aja semoga bermanfaat..

#Tips penanganan tersiram minyak panas, semoga bermanfaat...!!!

Semoga bermanfaat bagi anggota PMI yang interaksinya banyak didapur. Saya Copas dari sebelah.

Hari ini sekilas tadi saya membaca postingan tentang orang yang tersiram minyak panas, sudah dibawa kedokter namun tetap melepuh. Lalu bingung penangannya.

Saya jadi tergelitik untuk membuat postingan ini, sebenarnya sudah pernah saya share di WA story waktu kejadian. Sekarang saya coba share di fb agar bermanfaat untuk lebih banyak orang.

Sebenarnya sayapun pernah mengalami, tapi kan gak sempat selfi 🙈. Jadi ini ambil pengalaman anak saya beberapa bulan lalu waktu bantu saya goreng pempek.

Karena dia tidak mengikuti arahan maka hal ini terjadi.

Dan hal itu pula yang menimpa Kiya anak saya. Minyak sekitar 2 literan lebih diwajan ikut muncrat semua hingga tertinggal tinggal kurang dari stengah liter.

Bisakah anda bayangkan bagaimana luka bakar & bagaimana kulit akan melepuh saat terciprat minyak panas hampir 2 liter diwajah & tangan. Bahkan minyak yang tersiram diwajah sampai pucat seperti habis cuci muka.

Lalu bagaimana penangannya ?

Ada yg dioles odol / pasta gigi ? Stop jangan lakukan itu akan menambah proses pembakaran dikulit.

Langsung dibawa ke dokter ?

Stop jangan panik & jangan langsung dibawa kedokter. Waktu yang terbuang untuk mengeluarkan mobil/motor juga perjalanan menuju klinik akan membuat proses pembakaran dikulit semakin parah. Dokter hanya akan memberi salep dan itu tidak akan membuat kulit anda aman. Kulit akan tetap melepuh dengan rasa panas setidaknya seharian.

Tips saya, selalu punya stock terigu didapur untuk hal-hal seperti ini. Lebih bagus lagi bila terigu disimpan dikulkas.

Begitu tersiram / terciprat minyak panas / air panas. Masukkan dalam terigu / taburi dengan terigu dibagian yang terkena.

Diamkan hingga rasa panas hilang, baru kemudian terigu dibilas. Untuk kasus kecil 15-30 menit biasanya rasa panas mulai hilang.

Untuk kasus besar seperti yang menimpa anak saya Kiya, terciprat minyak panas hingga hampir 2 liter. Pengalaman kemaren mendiamkan hingga 2 jam baru hilang rasa panasnya dan kemudian kami bilas terigunya. Dan untunglah saya selalu stock terigu, itu terigu 1 kg saya taburkan semua dibagian yang terkena minyak panas, bisa dilihat difoto kiya yg penuh lapisan tetigu.

Dan bisa dilihat difoto setelah dibilas, diwajah tidak melepuh, hanya memerah dibeberapa bagian tapi tidak terlalu tampak. Dan bisa dilihat yang ditangan juga sama sekali tidak melepuh, hanya memerah dibeberapa bagian. Tapi tidak melepuh dan tidak terasa panas lagi.

Selanjutnya tinggal dibelikan salep diapotik untuk luka bakar seperti bioplasenton dan lain-lain, agar pemulihan kulit yang memerah bisa lebih cepat sembuh.

Semoga bermanfaat.

Boleh di share ataupun di copy paste. Sebar seluas-luasnya informasi ini, barangkali dapat bermanfaat untuk lebih banyak orang.

Trimakasih," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang diunggah akun Facebook tersebut telah 432 kali dibagikan dan mendapat 49 komentar warganet.

Benarkah luka bakar pada kulit bisa disembuhkan dengan tepung terigu? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.

3 dari 4 halaman

Daun Kemangi Sembuhkan Penyakit Kulit

Klaim tentang daun kemangi bisa menyembuhkan gatal-gatal pada kulit. Klaim tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 6 April 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah foto daun kemangi kemudian disandingkan dengan foto bagian tangan dan kaki yang bentol.

Kemudian akun Facebook itu mengunggah narasi berisi klaim bahwa daun kemangi ampuh mengobati atau menyembuhkan gatal-gatal pada kulit.

"Assalamualaikum........

Pasti Ada yang pernah mengalami gatal2 seperti ini ???

Gatalnya minta ampuuuun kadang ngegaruknya sampai berdarah Alhamdulillah ketemu sama obatnya

Harganya sangat murah dan gampang dapatnyaDaun Kemangi/serawung..😄

Cukup gosokkan daun kemangi ditempat yang gatal usahakan gosok sampai air daun kemanginya keluar ya karna yang jadi obatnya itu getah daunnya

Indahnya berbagi..," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 49 kali dibagikan dan mendapat 7 komentar warganet.

Benarkah daun kemangi ampuh menyembuhkan dan mengobati gatal-gatal pada kulit? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.