Sukses

Kumpulan Hoaks Buah Pepaya Bisa Sembuhkan Penyakit, DBD Hingga Kanker Getah Bening

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks terkait penyembuhan berbagai penyakit kerap muncul di media sosial. Tak sedikit hoaks itu menggunakan buah seperti pepaya sebagai bahan untuk penyembuhannya.

Lalu hoaks apa terkait buah pepaya yang disebut bisa menyembuhkan penyakit? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Jus Daun Pepaya Mentah Merupakan Obat DBD

Beredar di media sosial postingan yang menyebut jus daun pepaya mentah merupakan obat Demam Berdarah Dengue (DBD). Postingan ini ramai dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Dia mempostingnya pada 13 Januari 2022.

Berikut narasi lengkapnya:

"Info kesehatan ...Moga bermanfa'at......🙏‼️PENTING‼️

UNTUK ANAK CUCU*Obat DBD telah ditemukan*Dari *Prof. A.A. Mattjik mantan rektor IPB*

terkait pengobatan Demam Berdarah, karena sekarang DBD sedang menggejala mungkin bisa sebagai obat alternatif:KABAR TERKINI, ..."Obat Demam Berdarah"

Berdasarkan pengalaman dari seorang anak laki-laki yang telah sembuh dari penyakit demam berdarah.Setelah sebelumnya mengalami masa kritis di ICU ketika trombositnya mencapai angka 15 dan menghabiskan 15 liter tranfusi darah.Ayah dari anak tersebut mendapatkan rekomendasi dari temannya tentang *Juice Daun Pepaya Mentah.*Setelah minum juice tersebut, trombosit temannya yang semula 45 dengan 25 liter tranfusi darah naik dengan cepat menjadi 135.Hal ini membuat dokter dan perawat terkejut.Bahkan keesokan harinya, temannya itu sudah tidak diberikan tranfusi lagi.Cara membuat Juice tersebut:*2 helai daun pepaya dibersihkan, ditumbuk dan diperas dengan saringan kain*.Akan didapatkan *1 sendok makan per helai daun.*Takarannya 2 sendok makan 1 kali sehari. Perhatian :Daun jangan dimasak, direbus atau dicuci dengan air panas karena khasiatnya akan hilang.Ingat:hanya daunnya saja, bukan batangnya atau getahnya.Rasanya memang pahit sekali, tetapi tetap harus diminum.Pengalaman lain tentang juice daun pepaya mentah ini didapat oleh seseorang dengan kondisi yang sangat parah.Orang ini keadaannya *sangat kritis, di mana paru-parunya telah mulai diisi air*Karena angka trombositnya yang sangat rendah.Sampai-sampai dia kesulitan untuk bernafas.Dokter hanya bisa berkata bahwa kekebalan tubuhnya yang akan bisa membuat dia bertahan.Untungnya, ibu mertua dari pasien tersebut mendengar tentang juice daun pepaya mentah tersebut.Setelah diberikan kepada pasien, keesokan hari, trombositnya mulai naik dan demamnya mulai hilang.Juice itu terus diberikan dan 3 hari berikutnya dia dinyatakan sembuh.*Mohon dikirim ke grup2 yang anda punya* karena belakangan ini banyak sekali kasus penyakit demam berdarah. Semoga bermanfa'at sebagai pengobatan alternatif 🙏🙏*Indahnya berbagi"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim jus daun pepaya mentah merupakan obat DBD? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Benarkah Rebusan Daun Pepaya Muda hingga Daun Belimbing Bisa Sembuhkan Tumor dalam 24 Jam?

Klaim mengonsumsi air rebusan daun pepaya muda, daun cermai muda, bayam merah, dan daun blimbing bisa menyembuhkan tumor dalam 24 jam. Klaim ini disebarkan akun Facebook Perbanyak Lah Berzikir pada 6 September 2019.

Akun Facebook Perbanyak Lah Berzikir mengunggah narasi berisi tata cara membuat ramuan yang diklaim bisa menyembuhkan tumor dengan daun pepaya muda, daun cermai muda, bayam merah, dan daun belimbing.

"resep racikan ramuan herbal untuk menyembuhkan penyakit tumor dalam 24 jam. Bahan :

-½ pelepah daun pepaya muda.

-½ genggam daun cermai muda.

-½ genggam daun bayam merah.

-½ genggam daun belimbing.

-400 cc air masak.

Langkah Bikin :

-Cuci bersih semuanya bahan

-Giling semua bahan hingga halus.

-Rebus semua bahan dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc.

-Peras serta ambil airnya.

-Imbuhkan madu murni 3 sdm, aduk hingga rata.

-Sajikan ramuan itu dalam 1 gelas untuk sekali minum.

-Minum resep ini 3 kali satu hari ½ gelas.

Demikian informasi ini mudah-mudahan bermanfaat serta berguna buat anda yang membutuhkan semoga resep ramuan ini penyakit tumor anda cepat sembuh..," tulis akun Facebook Perbanyak Lah Berzikir.

Konten yang disebarkan akun Facebook Perbanyak Lah Berzikir telah 61 kali dibagikan dan mendapat 11 komentar warganet.

Benarkah mengonsumsi air rebusan daun pepaya muda, daun cermai muda, bayam merah, dan daun belimbing bisa menyembuhkan tumor dalam 24 jam? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Kanker Getah Bening Bisa Sembuh dengan Minum Air Rebusan Pepaya Muda

Klaim meminum air rebusan buah pepaya muda dapat menyembuhkan kanker kelenjar getah bening beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Sartika Keyla pada 10 Januari 2019.

Akun Facebook Sartika Keyla mengunggah tata cara memanfaatkan buah pepaya muda untuk mengobati kanker kelenjar getah bening. Berikut narasinya:

"Kalo kamu ngalamin di tubuh ada benjolan seperti contoh di gambar (kelenjar getah bening), coba saja resep ni.

Aq dah pernah nyoba buat bosku. Awalnya ada benjolan di tangan segede telor ayam. Ga sampe seminggu udah hilang tanpa bekas.

Bahan :• Setengah buah pepaya muda ukuran sedang ( tanpa di kupas, potong2)• 2 sendok makan daun teh murni yang kering (di Hk : pole cha)• 5 keping jahe d iris tipis• 1,5 l air

Caranya : rebus air sampe mendidih, masukan semua bahan, lalu rebus kurleb 30 mnt api kcil.

Diminum airnya 2-3 × sehari (1gelas)Semoga bermanfaat.

Nb : untuk tehnya bisa pkai teh apa saja yang mudah di dapat di warung. Teh tubruk, teh 99 atau merk apapun, tp yang original, ga ada aroma tambahn seperti melati dll

#copas," tulis akun Facebook Sartika Keyla.

Konten yang disebarkan akun Facebook Sartika Keyla telah 306 ribu kali dibagikan dan mendapat 16 ribu komentar warganet.

Lalu benarkah klaim tersebut? Simak dalam artikel berikut ini...

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.