Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Kanker Getah Bening Bisa Sembuh dengan Minum Air Rebusan Pepaya Muda

Beredar klaim meminum air rebusan buah pepaya muda dapat menyembuhkan kanker kelenjar getah bening. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Klaim meminum air rebusan buah pepaya muda dapat menyembuhkan kanker kelenjar getah bening beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Sartika Keyla pada 10 Januari 2019.

Akun Facebook Sartika Keyla mengunggah tata cara memanfaatkan buah pepaya muda untuk mengobati kanker kelenjar getah bening. Berikut narasinya:

"Kalo kamu ngalamin di tubuh ada benjolan seperti contoh di gambar (kelenjar getah bening), coba saja resep ni.

Aq dah pernah nyoba buat bosku. Awalnya ada benjolan di tangan segede telor ayam. Ga sampe seminggu udah hilang tanpa bekas.

Bahan :• Setengah buah pepaya muda ukuran sedang ( tanpa di kupas, potong2)• 2 sendok makan daun teh murni yang kering (di Hk : pole cha)• 5 keping jahe d iris tipis• 1,5 l air

Caranya : rebus air sampe mendidih, masukan semua bahan, lalu rebus kurleb 30 mnt api kcil.

Diminum airnya 2-3 × sehari (1gelas)Semoga bermanfaat.

Nb : untuk tehnya bisa pkai teh apa saja yang mudah di dapat di warung. Teh tubruk, teh 99 atau merk apapun, tp yang original, ga ada aroma tambahn seperti melati dll

#copas," tulis akun Facebook Sartika Keyla.

Konten yang disebarkan akun Facebook Sartika Keyla telah 306 ribu kali dibagikan dan mendapat 16 ribu komentar warganet.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim meminum air rebusan buah pepaya muda dapat menyembuhkan penyakit getah bening.

Penelusuran dilakukan dengan menghubungi dokter spesialis hematologi dan onkologi dr Ronald Alexander Hukom, Sp.PD-KHOM.

Menurut dr Ronald, klaim meminum air rebusan buah pepaya muda dapat menyembuhkan penyakit kanker getah bening belum terbukti.

"Perlu bukti lebih kuat," kata dr Ronald kepada Liputan6.com, Rabu (2/9/2020).

Dr Ronald mengatakan kelenjar getah bening jika sudah menjadi kanker tidak bisa disembuhkan dengan meminum air rebusan buah pepaya.

"Setahu saya untuk kanker tak ada buktinya. Itu tidak benar," ucap dia.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim tentang meminum air rebusan buah pepaya muda dapat menyembuhkan penyakit kanker getah bening ternyata tidak benar. Dokter spesialis hematologi dan onkologi dr Ronald Alexander Hukom, Sp.PD-KHOM menyebut kelenjar getah bening jika sudah menjadi kanker tidak bisa disembuhkan hanya dengan meminum air rebusan buah pepaya.

 

(Arazanses Vicoristen Sinaga)

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.