Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Komik Phantom Meramalkan Kemunculan "China Virus"

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah gambar komik Phantom terbitan 1957 yang diklaim telah meramalkan kemunculan "China Virus" beredar di media sosial. Gambar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 26 November 2021.

Dalam gambar tersebut, karakter Phantom tengah berbincang dengan seorang warga. Ia meminta warga tersebut memakai kain di sekitar wajah untuk menangkal virus bernama "China Virus".

"TIE IT ON AS I DO. THIS WILL PROTECT YOU FROM THE "CHINA VIRUS" IN THE VALLEY

Would you believe, this comic was published in 1957?!," demikian narasi dalam gambar komik tersebut.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons warganet.

Benarkah komik Phantom terbitan 1957 meramalkan kemunculan "China Virus"? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri gambar komik Phantom yang diklaim telah meramalkan kemunculan "China Virus". Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "No, This 1957 Comic Strip Didn't Talk About the 'China Virus'" yang dimuat situs thequint.com pada 30 November 2021.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs thequint.com.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa versi asli dari komik itu diterbitkan oleh "The Pocono Record", sebuah surat kabar di Pennsylvania, Amerika Serikat pada 24 Agustus 1957.

Komik tersebut berjudul "Valley of No Return". Gambar berisi narasi Phantom meminta warga menggunakan masker untuk mencegah "China Virus" ternyata telah dimanupulasi.

Gambar aslinya tidak tertulis "China Virus", melainkan "Sleep Death". Dalam gambar asli, Phantom menginstruksikan orang-orang di sekitarnya untuk mengikat penutup di sekitar wajah mereka setelah mencelupkannya ke dalam air, untuk melindungi mereka dari 'Sleep Death' di lembah.

 

Referensi:

https://www.thequint.com/news/webqoof/phantom-comic-coronavirus-reference-1957-fact-check#read-more

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Gambar komik Phantom terbitan 1957 yang diklaim telah meramalkan kemunculan "China Virus" ternyata tidak benar. Faktanya, gambar tersebut telah dimanipulasi secara digital.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.