Sukses

Cek Fakta: Hoaks Billie Eilish Lahir di Nganjuk Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan yang mengklaim musisi Billie Eilish lahir di Nganjuk, Jawa Timur. Postingan ini ramai dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu yang mengunggahnya berada di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 14 November 2021.

Dalam postingan itu terdapat potongan cuplikan layar dari laman Wikipedia dengan gambar Billie Elish dengan tulisan "Lahir: Billie Eilish Pirate Baird O'Connell, 18 Desember 2001 (umur 19), Nganjuk, Jawa Timur'

Akun itu juga menambahkan narasi: "Gara-gara Billie Eilish, Nganjuk jadi trending di Twitter"

Lalu benarkah postingan yang menyebut musisi Billie Eilish lahir di Nganjuk Jawa Timur?

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan mengetik kata kunci "Billie Eilish born" di mesin pencarian Google. Hasilnya kami menemukan fakta bahwa Billie Eilish tidak lahir di Nganjuk, Jawa Timur.

Musisi asal Amerika Serikat (AS) ini lahir dan tumbuh di Los Angeles, California. Dia lahir pada 18 Desember 2001 atau saat ini berusia 19 tahun.

Dalam wawancaranya dengan Insider.com yang tayang 26 Februari 2020 dia menjelaskan besar di daerah Highland Park.

"Di sana seperti blok hipster yang kecil, sederhana dan sangat nyaman. Keluarga saya pindah ke sana saat harganya terjangkau," ujar Eilish.

Sumber:

https://www.insider.com/who-is-billie-eilish-cool-facts-2020-2

http://www.mtv.co.uk/billie-eilish/news/get-to-know-billie-eilish

https://www.bbc.com/news/entertainment-arts-40580489

https://www.biography.com/musician/billie-eilish

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan yang menyebut musisi Billie Eilish lahir di Nganjuk Jawa Timur adalah hoaks. Faktanya Eilish lahir di Los Angeles, California, AS.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.