Sukses

Cek Fakta: Hoaks Barcelona Tunjuk Luhut Binsar Pandjaitan Jadi Pelatih Gantikan Ronald Koeman

Beredar di media sosial postingan yang menyebut Barcelona menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan sebagai pelatih menggantikan Ronald Koeman.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan yang menyebut Barcelona menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan sebagai pelatih menggantikan Ronald Koeman. Postingan itu ramai beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun yang mempostingnya berada di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 29 Oktober 2021.

Dalam postingannya terdapat potongan cuplikan layar artikel berita berjudul "Barcelona Tunjuk Luhut Panjaitan Sebagai Pelatih Menggantikan Ronald Koeman"

Selain itu postingan juga disertai narasi:

Catalunya - Barcelona telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan sebagai pelatih kepala setelah kepergian Ronald Koeman, kata klub Liga Spanyol itu dalam sebuah pernyataan, Kamis (28/10/2021).

Koeman dipecat setelah Barca kalah 1-0 dari Rayo Vallecano pada Rabu, kekalahan keempat mereka dalam enam pertandingan di semua kompetisi.

"(Luhut) akan mengambil posisi sebagai pelatih kepala tim utama penuh waktu untuk menggantikan Ronald Koeman yang dipecat," kata klub Catalan dalam sebuah pernyataan.

Manajemen Barcelona mengatakan, penunjukan Luhut Binsar Pandjaitan sebagai pelatih kepala Barcelona tak lepas dari kinerja apik yang ditunjukkan oleh Luhut di pemerintahan Jokowi - Ma'ruf. Menurut manajemen Barcelona, mereka terkesima melihat performa Luhut ketika ditunjuk menjadi Koordinator PPKM Jawa - Bali, juga ketua Dewan Pengarah Penyelamatan 15 Danau Prioritas Nasional, serta ketua Komite Kereta Cepat Jakarta - Bandung. Hal ini membuat manajemen Barcelona tak ragu untuk menunjuk Luhut sebagai pelatih kepala"

Lalu benarkah postingan yang menyebut Barcelona menunjuk Luhut Binsar Pandjaitan sebagai pelatih menggantikan Ronald Koeman?

 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan artikel yang identik dengan postingan. Artikel tersebut tayang di website Beritasatu.com pada Kamis 28 Oktober 2021 pada 21.51 WIB.

Artikel tersebut ditulis oleh Surya Lesmana / LES. Namun artikel tersebut berjudul "Barcelona Tunjuk Sergi Barjuan Jadi Pelatih Sementara."

Artikel juga sama sekali tidak membahas Luhut Binsar Pandjaitan. Judul isi, dan foto dalam artikel tersebut telah diedit atau disunting sehingga menjadi seperti dalam postingan.

Cek Fakta Barcelona tunjuk Luhut Binsar Pandjaitan sebagai pelatih.

Berikut isi artikel asli artikelnya:

"Madrid, Beritasatu.com - Barcelona telah menunjuk pelatih tim 'B' mereka Sergi Barjuan sebagai manajer sementara setelah kepergian Ronald Koeman, kata klub Liga Spanyol itu dalam sebuah pernyataan, Kamis (28/10/2021).

Koeman dipecat setelah Barca kalah 1-0 dari Rayo Vallecano pada Rabu, kekalahan keempat mereka dalam enam pertandingan di semua kompetisi.

"(Barjuan) akan mengambil alih sementara manajemen teknis tim senior. Posisi sementaranya sebagai pelatih kepala tim utama akan berakhir segera setelah klub merekrut pelatih kepala penuh waktu untuk menggantikan Ronald Koeman yang dipecat," kata klub Catalan dalam sebuah pernyataan.

Mantan gelandang Spanyol Xavi, yang menikmati karier 17 tahun penuh trofi di Barcelona, dan saat ini menjadi pelatih kepala klub Qatar Al Sadd, diperkirakan akan mengambil alih posisi Koeman secara permanen.

Manajemen Barcelona mengatakan, presiden klub Joan Laporta akan secara resmi memperkenalkan Barjuan ke skuat tim utama pada Kamis malam di tempat latihan klub Ciutat Esportiva.

Pada Jumat (29/10/2021) besok, Barjuan akan diperkenalkan ke media sebagai pelatih sementara. Kemudian ia akan memimpin untuk persiapan pertandingan Barcelona melawan Alaves.

Diharapkan ia bisa membawa Barcelona terhindar dari kekalahan ketiga di liga.

Barca saat ini menempati posisi sembilan di klasemen dengan perolehan 15 poin dari 10 pertandingan.

Setelah pertandingan Liga Spanyol, mereka melangsungkan duel penting di Liga Champions melawan Dynamo Kiev pada 2 November waktu setempat. Kekalahan dari Dynamo bisa mengakibatkan kegagalan klub Catalan lolos dari babak grup. Kontrak Xavi di Al Sadd hingga 2023."

Sumber:

https://www.beritasatu.com/bola/846813/barcelona-tunjuk-sergi-barjuan-jadi-pelatih-sementara

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan yang menyebut Barcelona menunjuk Luhut Binsar Pandjaitan sebagai pelatih menggantikan Ronald Koeman adalah hoaks. Faktanya judul, isi, dan foto dalam artikel tersebut telah diedit.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.